1-Perhatian penuh pada tubuh, perasaan, pikiran dan objek pikiran, yang semuanya adalah realitas tertinggi tentu saja merupakan pengembangan pandangan terang, Perenungan Empat Kebenaran Mulia dan permulaan jalan.
2-Hal ini seharusnya jelas dalam pikiran seseorang bahwa hanya latihan Vipassanā yang dapat membimbing pada pengetahuan Jalan dan Buah adalah Latihan Perhatian Penuh (mindfulness) yang mengamati jasmani, perasaan, pikiran, dan objek pikiran yang merupakan realitas tertinggi menurut Satipatthāna Sutta.
3.Tidak ada Vipassanā yang terpisah selain Satipatthāna.
4- Yaitu, Pengembangan dari :
• Empat Usaha
• Lima Kekuatan Mental
• Tujuh Faktor Pencerahan
• Delapan Jalan Utama dan lain-lain.
• Semuanya termasuk dari Latihan Perhatian Penuh.
5-Tidak ada Latihan yang dapat membimbing pada Nibbāna tanpa Perhatian Penuh dari Jasmani, Perasaan, Pikiran dan Objek pikiran.