5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Sassata-diṭṭhi, Uccheda-diṭṭhi and Antarabhava-diṭṭhi

 kamma&rebirth

Tiga jenis Diṭṭhi

• Pandangan reinkarnasi berpendapat bahwa ada diri yang permanen dan tidak dapat dihancurkan, jiwa yang permanen yang berada di dalam tubuh, yang akan pindah ke tubuh lain ketika kehidupan saat ini telah berakhir dan tubuh lama telah musnah. Keyakinan ini dikenal sebagai sassata-diṭṭhi (pandangan salah tentang keabadian).

• Keyakinan bahwa dengan pemusnahan tubuh fisik, sambil menunggu matangnya kondisi untuk pindah ke kehidupan selanjutnya, diri yang permanen, jiwa yang abadi ini akan berwujud hantu di dalam keadaan peralihan, yang dikenal sebagai antarabhava-diṭṭhi (pandangan salah tentang keadaan antara).

•Ada kepercayaan lain yang menyatakan bahwa pada akhir kehidupan, diri atau jiwa musnah dan tubuh jasmani musnah. Dengan kata lain, makhluk hanya memiliki satu kehidupan untuk hidup dan tidak ada lagi kelahiran ke kehidupan berikutnya. Keyakinan ini dikenal sebagai uccheda-diṭṭhi (pandangan salah tentang pemusnahan).

Ketiga jenis pandangan salah ini muncul bergantung pada pandangan salah tentang diri atau jiwa abadi yang permanen dan tidak dapat dihancurkan. Dengan kata lain, ini disebabkan oleh pandangan salah tentang diri – diṭṭhi.

(Lihat Bagian Sebelumnya)

(Bersambung)

Dikutip dari buku Kamma & Rebirth oleh Chanmyay Sayadaw