5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Tujuan Mendengarkan Ceramah Tentang Kemajuan Dalam Pandangan Terang

Mahasi Sayadaw
Pertanyaan 18: Yang Mulia, dengan mengizinkan seorang yogi mendengarkan ceramah tentang kemajuan dalam pandangan terang, apakah berarti Anda menegaskan bahwa ia adalah seorang sotapanna (seseorang yang telah mencapai pencerahan tingkat pertama)?

Mahasi Sayadaw: Tidak, sama sekali tidak. Kami tidak pernah membuat penilaian atas status spiritual seseorang. Akan tetapi, ketika kami merasa yakin bahwa seorang yogi sudah cukup baik dalam latihannya, kami mengizinkannya untuk mendengarkan ceramah yang diberikan oleh salah seorang guru meditasi kami, yang menguraikan bagaimana pengetahuan pandangan terang berkembang hingga pencerahan magga dan phala.

Tujuannya adalah untuk membantu yogi agar dapat menentukan tingkat spiritualnya dengan memeriksa pengalamannya sendiri dengan ceramah yang diberikan. Selain itu, hal ini akan memberikan kesempatan padanya untuk menikmati pencapaiannya, dan memberikan dorongan untuk bekerja lebih giat demi pengembangan lebih lanjut. Bukanlah hak kami untuk menentukan tingkat pencerahan yang telah dicapai seseorang. Jadi, merupakan salah pengertian bahwa kami menegaskan seorang yogi adalah sotapanna karena mengizinkannya mendengarkan ceramah tersebut.


(The discourse on Sallekha Sutta p.193)


Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.