5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Tentang Usaha 2

Tentang Usaha 2

Bagaimana sammā vāyāma menyingkirkan dan memusnahkan micchā vāyāma?

Hal ini tercakup dalam setiap pencatatan, terutama bagi para yogi vipassanā yang mengerahkan usaha untuk mencatat dan mengamati. Jika tidak ada usaha yang dikerahkan, sammā vāyāma, maka pencatatan tidak akan terjadi. Ketika usaha ini mengendur, seseorang cenderung melupakan pencatatan. Ketika usaha ini berkembang kuat, maka tidak ada objek yang tidak dicatat, dan semua objek teramati. Inilah bagaimana dengan setiap pencatatan, sammā vāyāma menyingkirkan micchā vāyāma.

Anda menyingkirkan kondisi-kondisi yang tidak baik setiap kali Anda penuh perhatian. Demikian juga, Anda mencegah munculnya kondisi-kondisi tidak baik yang belum muncul. 

Sammā vāyāma menjadikan kusala dan magga phala yang belum muncul untuk muncul, dan kusala yang telah muncul dikembangkan lebih lanjut hingga pencapaian magga phala.

Namun, sammā vāyāma yang mencakup sotāpatti magga yang akan memusnahkan micchā vāyāma yang dapat menyebabkan kelahiran kembali di alam-alam yang lebih rendah. Oleh karena itu, para sotāpanna tidak melakukan usaha untuk melakukan tindakan-tindakan seperti membunuh, mencuri, dsb., yang dapat menyebabkan kelahiran kembali di alam-alam tingkat rendah.

--

Dikutip dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw, Kualitas Khusus dari Sotāpatti Magga (Bagian 6), 24 Oktober 2021.