5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Potensi Kamma Tidaklah Lenyap

Potensi kamma tidaklah lenyap

Mengapa lenyapnya fenomena batin dan jasmani dapat menjadi kondisi bagi munculnya fenomena batin dan jasmani baru selanjutnya? Mari kita ambil sebagai contoh pergerakan elektron mengelilingi inti. Atom menghilang pada titik intersepsi dan atom baru akan muncul di tempat lain. Meskipun atom muncul dan lenyap berulang kali saat mereka bergerak di sepanjang jalan, kekuatannya tidak berkurang. Sebuah atom telah menghilang pada titik intersepsi tetapi itu mempengaruhi atom baru yang muncul di tempat lain.

Contoh lainnya adalah biliar -- kekuatan bola yang menggelinding. Ketika seseorang menggunakan tongkat biliar untuk memukul bola pertama, bola itu akan menggelinding dengan kuat dan memukul bola kedua. Pada saat itu, bola pertama berhenti menggelinding tetapi kekuatannya tidak hilang saat memukul bola kedua. Energinya diteruskan ke bola kedua, menyebabkannya menggelinding akibat energi ini.

Aliran arus kesadaran dan fenomena jasmani serupa dengan logika ini. Lenyapnya fenomena batin dan jasmani adalah kondisi penyebab munculnya fenomena batin dan jasmani berikutnya. Fenomena batin dan jasmani muncul dan lenyap di sepanjang aliran arus. Daya tersebut tidak lenyap dengan lenyapnya fenomena batin dan jasmani sebelumnya, tetapi menyebabkan munculnya fenomena batin dan jasmani berikutnya.

Oleh karena itu, fenomena batin dan jasmani makhluk hidup dalam kehidupan sekarang ini disebabkan oleh kondisi sebab dan akibat dari kehidupan sebelumnya yaitu penyebab lenyapnya fenomena batin dan jasmani sebelumnya. Ketika fenomena batin dan jasmani dalam kehidupan ini telah berlalu, kekuatan kamma yang baik dan tidak baik yang dihasilkan dalam kehidupan ini tidak akan lenyap. Bergantung padanya, itu akan menjadi penyebab munculnya fenomena batin dan jasmani baru di momen berikutnya. Jadi itu adalah awal dari kehidupan lain yang disebut "kehidupan selanjutnya".

(Lihat Bagian Sebelumnya)

(Bersambung)

Dikutip dari buku Kamma & Rebirth oleh Chanmyay Sayadaw