5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Tentang Chanmyay Myaing Sayadaw

Tentang Chanmyay Myaing Sayadaw


Chanmyay Myaing Sayadaw adalah kepala biara Chanmyay Myaing Meditation Centre (CMMC), di Yangon, Myanmar, yang didirikan pada tahun 1997. Saat masih menjadi samanera dan bhikkhu muda, beliau mempelajari kitab suci Buddhis di bawah bimbingan mendiang Mahagandhayon Sayadaw di Amarapura, dan juga dengan guru-guru terkenal lainnya.
Setelah lulus ujian Dhammacariya, beliau mengajar kitab suci selama beberapa tahun. Kemudian beliau berlatih satipaṭṭhāna vipassanā di Pusat Meditasi Mahasi di Yangon di bawah bimbingan Yang Mulia Chanmyay Sayadaw. Setelah itu, beliau tinggal di Pusat Meditasi Chanmyay Yeiktha selama bertahun-tahun, di mana beliau melaksanakan tugas-tugas pariyatti (mempelajari dan mendalami kitab suci), dan patipatti (mengajar dan mempraktikkan meditasi), sesuai amanat Yang Mulia Chanmyay Sayadaw.

Sejak tahun 2005, Sayadaw menetap di Pusat Meditasi Chanmyay Myaing, di mana beliau sekarang mengajar meditasi vipassanā dan mettā baik kepada para yogi lokal maupun mancanegara. Sayadaw secara rutin mengunjungi Malaysia dan Singapura, di mana beliau membagikan pengetahuan Dhamma yang luas dan mendalam kepada mereka yang tertarik pada meditasi vipassanā dan mettā. Dari sekian banyak buku Dhamma yang ditulis Sayadaw dalam bahasa Burma, dua di antaranya (Metta dan The Bojjhangas) telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Jerman.


Pusat Meditasi Chanmyay Myaing
Shwe Oo Min St.
No. 3 Highway, Laydaungkan Village
Mingaladon Township
Yangon
Myanmar.