5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Sulitnya Untuk Bisa Berlatih Meditasi

Sulitnya Berlatih Meditasi


Seberapa sulitnya untuk berlatih meditasi bahkan ketika seseorang terlahir kembali di alam manusia?

Tidak ada kesempatan untuk berlatih tidak hanya berlaku di empat alam-alam rendah. Walaupun seseorang terlahir kembali di alam manusia, apabila ia menganut agama lain, bagaimana mungkin ia mendapatkan kesempatan untuk berlatih meditasi? Walaupun telah menjadi umat Buddha, mereka yang tidak dapat mendengarkan ajaran Dhamma tentang meditasi, yang tidak memiliki tempat untuk berlatih, dan yang tidak memiliki guru untuk membimbing mereka, itu sangatlah menyedihkan. Ada orang-orang yang sudah berusia lanjut dan meninggal dunia meskipun mereka ingin bermeditasi. Mereka sangatlah menyedihkan.

Oleh karena itu, ketika sebab-sebabnya mendukung, maka seseorang harus berlatih. Tidak hanya di empat alam-alam rendah saja tidak ada kesempatan untuk bermeditasi. Ada banyak sebab-sebab yang mengakibatkan kita tidak mampu untuk berlatih. Pada masa sekarang, ketika seseorang jatuh sakit, ia tidak dapat berlatih. Demikian pula, ketika seseorang disibukkan berbagai masalah yang sangat penting, ia juga tidak dapat berlatih. Hanya ketika semua sebab-sebabnya mendukung, barulah seseorang dapat berlatih. Sangatlah penting bagi orang-orang yang bermeditasi sekarang, bagi mereka yang telah mendapatkan kesempatan untuk berlatih untuk tidak menyia-nyiakan waktu mereka dan memanfaatkan semua kesempatan yang ada semaksimal mungkin serta berusaha dengan keras. Berusahalah untuk mendorong diri Anda sendiri dengan cara ini.

--

Dikutip dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw, Usaha (Vīriya), Perhatian Penuh (Sati), dan Konsentrasi (Samādhi) (Bagian 4), 20 Februari 2022.