5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Kedermawanan dan Kebijaksanaan Sotapanna

Kedermawanan dan Kebijaksanaan Sotapanna


Kualitas Khusus dari Sotāpatti Magga (Bagian 4C)

Apa yang berbeda dari kedermawanan atau kemurahan hati yang dilakukan oleh seorang sotāpanna?

Selanjutnya, ada cāgoca - kepemilikan mulia akan kedermawanan dan kemurahan hati. Kepemilikan akan kemurahan hati ini dipenuhi oleh banyak umat Buddha. Hanya ada sedikit perbedaan dalam jumlah yang dipersembahkan, baik kurang atau lebih. Mereka memberi dan berdana sebanyak yang mereka mampu. Jika seseorang menjadi seorang sotāpanna, maka ia akan dipenuhi dengan kualitas untuk mampu memberikan miliknya tanpa batas kepada makhluk-makhluk mulia yang bermoral. Mengenai hal ini, Anda dapat membaca khotbah Dhamma tentang Merealisasikan Nibbāna melalui Jalan Mulia Berunsur Delapan dan khotbah Dhamma tentang Sāraṇiya Dhamma.

Kebijaksanaan seperti apa yang memenuhi seorang sotāpanna?

Kepemilikan terakhir adalah paññā ve sattamaṁ dhanaṁ - kebijaksanaan, kepemilikan ketujuh.
Salah satu jenis kebijaksanaan adalah sutamayapaññā, pengetahuan dari mendengar dan mengingat (ini sudah termasuk dalam kepemilikan suta yang baru saja kita bahas).
Jenis lainnya adalah pengetahuan yang diperoleh dari berpikir dan merenung, cintāmayapaññā.
Jenis lainnya adalah pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman pribadi setelah bermeditasi, bhāvanāmayapaññā.
Jadi, ada tiga jenis kebijaksanaan. Seorang sotāpanna dipenuhi dengan tiga jenis kebijaksanaan yang berbeda. Walaupun di sini sutamayapaññā dan suta adalah sama, dalam kasus suta, faktor utamanya adalah belajar melalui mendengarkan. Dalam kasus sutamayapaññā, faktor utamanya adalah pengetahuan khusus pandangan terang.

Siapakah yang kaya?

Yassa ete dhanā atthi, itthiyā puriyassa vā.
Adalidddoti taṁ āhu, amoghaṁ tassa jīvitaṁ.


Baik pria maupun wanita, orang yang memiliki ketujuh kepemilikan ini tidaklah miskin, melainkan kaya. Sang Buddha dan para bijaksana mengatakan: hidup orang tersebut tidaklah sia-sia, melainkan sangat bermanfaat.
Sotāpatti magga menyebabkan seorang sotāpanna dipenuhi dengan tujuh kepemilikan para mulia yang baru saja kita bahas. Berikut ini adalah kutipan yang diberikan: "Seorang sotāpanna dipenuhi dengan tujuh kepemilikan para mulia."

Apakah manfaat lain dari sotāpatti magga seperti dijelaskan dalam Visuddhimagga?

Manfaat kelima dijelaskan dalam Visuddhimagga seperti ini:
Aṭṭhaṅgikaṁ micchāmaggaṁ pajahati

Sotāpatti magga menyingkirkan jalan salah yang memiliki delapan faktor.
Sotāpatti magga menyingkirkan jalan salah yang disebut micchāmagga sehingga para sotāpanna tidak akan mengikutinya. Hal ini sangat bagus. Para sotāpanna tidak lagi perlu khawatir mereka akan menempuh jalan yang salah.

Ada berapa jenis jalan yang benar dan jalan yang salah?

Seperti halnya jalan yang benar (sammāmagga) memiliki delapan faktor, jalan yang salah (micchāmagga) juga memiliki delapan faktor.
Apa sajakah itu?
Seperti halnya faktor-faktor dari sammādiṭṭhi, sammāsaṅkappa, dst., dari sammāmagga, ada micchādiṭṭhi, micchāsaṅkappa, micchāvācā, micchākamanta, micchājiva, micchāvāyāma, micchāsati, dan micchāsamādhi.


Karena keterbatasan waktu, saya akan menghentikan ceramah Dhamma di sini. Sebelum mengakhiri ceramah Dhamma ini, marilah kita mengulang kembali tiga hal penting yang perlu diperhatikan dari YM. Mahāsi Sayadaw yang telah disampaikan pada bagian awal.

1. Jika seseorang mencapai sotāpatti magga dan phala, maka ia akan terpenuhi dan murni dalam lima sila yang disebut ariyakanta (yang diinginkan oleh para mulia) dan tidak akan pernah melanggarnya. Sotāpatti magga dapat menuntun seseorang untuk memperoleh kepemilikan dari ariyakanta sīla yang tidak dapat dilanggar. Karena ia dipenuhi dengan ariyakanta sīla ini, maka seorang sotāpanna terbebas selamanya dari kelahiran kembali di empat alam tingkat rendah.

2. Oleh karena itu, ada tiga kepemilikan saddhā yaitu keyakinan yang tidak tergoyahkan dan tidak dapat dihancurkan pada Buddha, Dhamma, dan Saṅgha, dan satu kepemilikan moralitas yang disebut ariyakanta. Keempat hal ini adalah empat sifat yang selalu ada dari seorang sotāpanna.

3. Sotāpatti magga menyingkirkan jalan yang salah yang disebut micchāmagga sehingga para sotāpanna tidak akan mengikuti jalan salah tersebut. Ini sesuatu yang sangat bagus. Para sotāpanna tidak perlu lagi khawatir bahwa mereka akan berjalan di jalan yang salah.

Semoga Anda semua berbahagia, sehat, bebas dari segala penderitaan, dan segala penyakit, dan mencapai nibbāna secepatnya.


TAMAT

Lihat Kualitas Khusus dari Sotāpatti Magga (Bagian 4A) di sini.

--

Diterjemahkan dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw, Kualitas Khusus dari Sotāpatti Magga (Bagian 4), 22 Agustus 2021.