5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Jangan Mencari Kembung-Kempis Perut!

Bhante Thitaketuko

Jangan Mencari-cari Gerakan Kembung-Kempisnya Perut!

Jadi kalau naik-turunnya perut belum ada, maka obyek perhatian kita adalah sikap duduk. Jangan langsung memperhatikan perut, tetapi perhatikan sikap duduk. Cobalah sekarang kita duduk bermeditasi, menutup mata. Sekarang coba rasakan sikap duduk, perhatian diarahkan mulai dari kepala, ke leher, badan, paha,kaki. Hanya merasakan saja dan jangan berpikir. Kalau perlu boleh menyebutkan di dalam batin:”……duduk…….duduk…..duduk.” Dengan cara itu, kita menjadi rileks tidak ada rangsangan, berupa pikiran, lamunan, rasa sakit dan sebagainya. Yang ada saat itu hanyalah kontak rasa dengan badan. Keadaan rileks yang terjadi dengan spontan akan memunculkan gerakan kembung dan kempis perut yang normal. Artinya saat itu napas bergerak lagi sebab tidak terjadi ketegangan pada diafragma yang menyebabkan hilangnya gerakan kembung-kempis perut. Diafragma menjadi lentur kembali. Jadi untuk menemukan gerakan perut, obyek utama itu; tidak perlu mencari-cari. Bagaimana seharusnya? Ialah berusahalah rileks, rasakan sikap duduk terlebih dahulu, kemudian gerakan perut kembung-kempis atau naik-turun akan muncul dengan sendirinya.

Apa yang terjadi kalau kita mencari-cari gerakan perut? Mencari-cari itu membentuk keinginan. Keinginan mencari ini menegangkan diafragma, membuat diafragma tidak lentur. Kecenderungan ingin tahu dan bertanya-tanya:”perut ini kok tidak bergerak lagi, bagaimana ya?” membuat perut semakin mengalami ketegangan sehingga tidak terjadi gerakan perut yang normal.

Apabila gerakan naik-turun atau kembung-kempis perut itu sudah dapat dirasakan dan teramati; maka kita akan mendapati bahwa kadang-kadang gerakan yang naik panjang dan gerakan turun itu pendek atau kadang-kadang juga kebalikannya, gerakan naik terasa pendek dan gerakan turun terasa panjang. Ada juga pola gerakan perut yang lain, seperti gerakan yang seolah-olah mengayun, atau gerakan perut itu ke samping.


“Buku Catatan Meditasi Vipassana” oleh YM. Bhante Thitaketuko