5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Munindra: Meditasi Hendaknya Menyatu Dengan Kehidupan

Anagarika Munindra

"Dalam latihan ini, segalanya merupakan meditasi, bahkan ketika makan, minum, berpakaian, melihat, mendengar, mencium, mencicipi, menyentuh, dan berpikir. Apa pun yang Anda lakukan, semuanya harus dilakukan dengan penuh perhatian, dengan kesungguhan, dengan totalitas, secara utuh, secara menyeluruh. Maka hal tersebut akan menjadi meditasi, memiliki makna, memiliki kegunaan. Meditasi bukanlah berpikir, tetapi mengalami momen demi momen, hidup dari saat ke saat, tanpa melekat, tanpa mencela, tanpa menghakimi, tanpa menilai, tanpa membandingkan, tanpa memilih, tanpa mengecam - kesadaran tanpa pilihan."

"Meditasi bukan hanya duduk; meditasi adalah suatu cara hidup. Meditasi hendaknya menyatu dengan keseluruhan hidup kita. Sesungguhnya, meditasi adalah sebuah pembelajaran tentang bagaimana melihat, mendengar, mencium, makan, minum, dan berjalan dengan penuh kesadaran. Mengembangkan kesadaran merupakan faktor terpenting dalam proses pencerahan."



Anagarika Munindra, dari LIVING THIS LIFE FULLY oleh Mirka Knaster
 
Lihat juga:
  • Instruksi sederhana berlatih meditasi kesadaran/mindfulness ketika makan.
  • Cara mudah melakukan meditasi kesadaran ketika minum.
  • Anagarika Munindra menjelaskan pada Kamala Masters tentang bagaimana berlatih meditasi kesadaran di rumah, misalnya ketika mencuci piring.