5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Mungkinkah Mencapai Magga Phala Saat Ini ?

Mahasi Sayadaw

Mungkinkah Mencapai Magga Phala Di Masa Sekarang Ini ?

Pertanyaan 43: Yang Mulia, apakah mungkin bagi kita untuk mencapai magga phala di masa sekarang ini?

Mahasi Sayadaw: Mengapa tidak? Seandainya, jika Anda memiliki resep untuk membuat obat, maka Anda akan dapat membuatnya, lalu meminumnya untuk menyembuhkan penyakit Anda. Dengan cara yang sama, ajaran Sang Buddha bagaikan resep obat, dan Anda juga memiliki kapasitas dalam hal spiritual, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mempraktikkannya. Niscaya Anda akan mencapai Magga dan Phala. Ingatlah hal ini baik-baik.
Selain itu, tidak ada kitab-kitab Pali yang menyatakan bahwa mustahil untuk tercerahkan di zaman sekarang. Pada kenyataannya, kitab-kitab itu bahkan menyatakan bahwa seseorang dapat menjadi Arahat dengan Tiga Kegaiban (Te-vijja) di zaman sekarang. Bahkan komentar tentang Vinaya mengatakan, pada tingkat minimum, seseorang dapat mencapai Anagami, tingkat kesucian ketiga.

Rujukan terbaik yang dapat dikutip di sini adalah: "Imeca subhadda bhikkhu samma vihareyyum, asunno loko arahantehi assa", "Oh Subhadda," kata Sang Buddha, "selama masih ada bhikkhu-bhikkhu yang berlatih dengan benar, dunia ini tidak akan pernah kosong dari para Arahat."
Kita dapat menemukan di masa sekarang ini, orang-orang yang berlatih dengan cara yang benar di bawah bimbingan yang baik. Jadi, saya yakin, bahkan saat ini pun dunia ini tidak kosong dari orang-orang mulia termasuk para Arahat.

(“A Talk on Mahasatipatthana” on radio p.68)

--


Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.