5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Meningkatkan Usaha Dengan Merenungkan Bahaya dari Alam Rendah

Bahaya Alam Rendah

Ketika berlatih meditasi, bagaimana seseorang menyesuaikan vīriya-nya dengan "merenungkan bahaya dari alam-alam rendah"?

Seseorang harus merenungkan bahaya dari alam-alam tingkat rendah. Apabila usaha melemah, apabila tidak ada keinginan untuk berlatih meditasi, maka renungkanlah bahaya dari alam-alam rendah. Demikian juga saat berlatih, ketika orang yang bermeditasi kehilangan energi, maka ia hendaknya merenungkan bahaya dari alam-alam rendah.

Akan tetapi, ketika usaha tidak mengendur, tidaklah perlu merenungkan hal ini. Mereka yang memiliki usaha yang kuat sejak awal hendaknya tidak merenungkan bahaya dari alam-alam rendah. Jika mereka melakukannya, usahanya akan menjadi terlalu berlebihan, dan batinnya akan tercerai-berai. Mereka yang perlu mengurangi usaha mereka juga harus diberitahu untuk menguranginya.

Ketika usaha menurun, maka tidak ada niat untuk berlatih meditasi. Jika seseorang tidak ingin berlatih dan malas, maka renungkanlah bahaya dari alam-alam rendah. Hanya ketika orang menghadapi bahaya, ketika mereka melihat bahaya, apakah mereka merasa takut? Jika tidak ada bahaya, mereka tidak takut. Namun, jika mereka tidak memperhatikan, mereka berpikir bahwa tidak ada yang perlu ditakuti. Namun sesungguhnya, ada hal-hal yang perlu ditakuti. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan ia akan mati.


Dikutip dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw, Usaha (Vīriya), Perhatian Penuh (Sati), dan Konsentrasi (Samādhi) (Bagian 3), 23 Januari 2022.