5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Dipa Ma: Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari

Dipa Ma: Mindfulness

Berlatih meditasi kesadaran/mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Dipa Ma mengatakan bahkan ketika ia sedang berbincang-bincang, ia sedang bermeditasi. Berbicara, makan, mengerjakan tugas, memikirkan putrinya, bermain dengan cucunya -tidak ada satu pun dari kegiatan tersebut yang menghalangi latihannya karena ia melakukannya segalanya dengan mindfulness, dengan penuh perhatian.

"Ketika saya beraktivitas, pergi berbelanja, mengerjakan apa pun, saya selalu melakukannya dengan penuh perhatian, dengan kesadaran. Saya tahu itu adalah hal-hal yang harus saya lakukan, tetapi semua itu bukan merupakan masalah. Di sisi lain, saya tidak menghabiskan waktu untuk bergosip atau mengunjungi orang, atau melakukan apa pun yang saya anggap tidak penting dalam hidup saya."

"Ketika saya beraktivitas, pergi berbelanja, mengerjakan apa pun, saya selalu melakukannya dengan penuh perhatian."

Dipa Ma tidak ingin orang-orang datang lalu tinggal di India selamanya atau menjadi pertapa, atau menetap di ashram. Ia berkata, "Jalani hidupmu. Cuci piring. Cuci pakaian. Antar anak-anak ke sekolah. Asuh anak-anak dan cucu-cucumu. Rawatlah komunitas di mana Anda tinggal. Jadikan semua itu sebagai jalan hidup Anda, dan teruslah menapaki jalan hidup Anda dengan sepenuh hati.

--

Weekly Dipa Ma
Diterjemahkan dari artikel dari Grup Facebook Dipa Ma

Lihat juga: