5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Dipa Ma: Meditasi Mindfulness

Dipa Ma bersama Maria Monroe
Dipa Ma bersama Maria Monroe


Dipa Ma menekankan komitmen akan praktik mindfulness (kesadaran) dan latihan meditasi setiap hari. Latihan ini, ditambah retret intensif, adalah bagaimana ia mengembangkan pemahamannya yang mendalam.
"Berlatihlah sekarang. Jangan berpikir engkau akan melakukan lebih banyak lagi nanti."

"Dipa Ma dengan tegas menyatakan jika Anda mengharapkan kedamaian, maka Anda harus berlatih secara teratur. Ia bersikeras agar murid-muridnya meluangkan waktu untuk berlatih meditasi setiap hari, meskipun hanya selama lima menit. Jika hal itu tidak memungkinkan, ia menyarankan, "Setidaknya ketika Anda berada di tempat tidur pada malam hari, perhatikan satu tarikan napas dan satu hembusan napas sebelum Anda tertidur."

Selain berlatih meditasi duduk di rumah, Dipa Ma juga mendesak murid-muridnya untuk menjadikan setiap momen dalam hidup mereka sebagai praktik meditasi. Banyak di antara murid-muridnya adalah orang-orang yang sangat sibuk, yang kesulitan untuk meluangkan waktu untuk berlatih.
Dipak Chowdhury mengatakan pada Dipa Ma bahwa tidak mungkin baginya untuk berlatih karena jadwalnya yang sangat padat di bank tempatnya bekerja. Ia menjelaskan bahwa ia menghabiskan hari-harinya untuk melakukan berbagai kalkulasi, dan pekerjaannya menuntutnya untuk sering berpergian. Ia terlalu sibuk dan terlalu resah bahkan untuk memikirkan meditasi.
Dipa Ma tidak mau mendengar hal itu; ia bersikeras bahwa selalu memungkinkan untuk bermeditasi, bahwa meditasi bukanlah sesuatu yang terpisah dari kehidupan. "Jika Anda sibuk, maka kesibukanlah itu yang menjadi meditasi," katanya. "Ketika Anda melakukan kalkulasi, ketahuilah bahwa Anda sedang melakukan kalkulasi. Meditasi artinya mengetahui apa yang sedang Anda lakukan. Ketika Anda sedang bergegas ke kantor, Anda hendaknya menyadari bahwa Anda sedang bergegas. Ketika Anda sedang makan, memakai sepatu, kaus kaki, mengenakan pakaian, Anda hendaknya penuh perhatian. Semua itu adalah meditasi! Bahkan ketika Anda sedang memotong kuku, arahkan perhatian Anda ke sana. Ketahui bahwa Anda sedang memotong kuku."
"Meditasi artinya mengetahui apa yang sedang Anda lakukan."
Bagi Dipa Ma, praktik mindfulness atau kesadaran bukanlah sesuatu yang ia lakukan, namun praktik itu adalah dirinya sendiri - sepanjang waktu. Menurutnya, sikap terbaik untuk menjalani latihan ini adalah dengan "kepasrahan dan kerelaan" dan "ketika mendapati pikiran Anda mengembara, sederhana saja Anda hanya perlu memulai menyadari lagi."

--

Weekly Dipa Ma
Diterjemahkan dari artikel dari Grup Facebook Dipa Ma

Lihat juga: