5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Apakah Pengetahuan Menghalangi Latihan?

Tanya-jawab dengan Mahasi Sayadaw

Pertanyaan 45
: Yang Mulia, apakah benar bahwasanya bagi orang-orang terpelajar, pengetahuan mereka merupakan penghalang untuk maju dalam latihan?

Mahasi SayadawTidak, tidak patut berkata demikian. Tidak mungkin pengetahuan seseorang akan menjadi penghalang dalam latihan. Seperti yang Anda ketahui, seorang bhikkhu yang sangat terpelajar bernama Potthila mencapai Arahat dengan cepat dengan berlatih di bawah bimbingan seorang samanera muda. Berdasarkan hal ini, jelaslah bahwa pendidikan atau pengetahuan seseorang tidak akan menjadi penghalang bagi kemajuan dalam latihan.
"Rintangan yang sesungguhnya adalah kesombongan akan pengetahuan yang dimiliki seseorang, lemahnya keyakinan dalam latihan, dan keraguan-raguan."
Sebenarnya, rintangan yang sesungguhnya adalah kesombongan akan pendidikan atau pengetahuan seseorang, tidak ada atau lemahnya keyakinan dalam latihan, keraguan-raguan, tidak mengikuti petunjuk guru dengan sungguh-sungguh, tidak adanya usaha yang gigih, dsb. Itulah rintangan-rintangan sesungguhnya bagi pengembangan konsentrasi dan pengetahuan pandangan terang.


(The progress of vipassana, p.107)

--

Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.