5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Pengetahuan Teoritis


Tanya Jawab dengan Chanmyay Sayadawgyi

Pertanyaan: Saya sadar bahwa pengetahuan teoritis yang diperoleh dari buku dapat menjadi penghalang dalam kemajuan bermeditasi . Bagian manakah, jika ada, yang sebaiknya dibaca ketika hendak melanjutkan latihan di rumah?

Jawaban: Ya, ilmu teoritis yang didapat dari buku terkadang merupakan hambatan untuk kemajuan dalam meditasi Anda. Hal ini karena kita tidak bisa untuk tidak membandingkan pengalaman kita sendiri dengan pengetahuan yang kita peroleh dari buku. Ini membuat kita untuk berpikir tentang analisis dan kritik, dan kita kemudian kehilangan perhatian penuh kita terhadap pengalaman tersebut. Jika Anda tahu bahwa pemikiran, analisis, kritik, penalaran logis dan berfilsafat adalah hambatan bagi konsentrasi Anda dan juga bagi pengetahuan pandangan terang Anda, maka Anda harus mengamatinya, mencatatnya, memperhatikannya  dan, setelah melakukannya, rintangan tersebut akan hilang. Karena Anda memahami sifat hambatan ini, Anda putuskan untuk tidak memikirkan pengalaman atau teknik apa pun. Dengan tekad itu, Anda berlatih meditasi vipassanā; meskipun hal-hal tersebut muncul dalam pikiran Anda, Anda dapat dengan mudah mengatasinya hanya dengan mencatatnya. Bahayanya terletak ketika Anda tidak memahami bahwa ini adalah penghalang bagi kemajuan meditasi Anda. Jika Anda tidak memahami bahwa Anda harus memperhatikan ketika itu muncul dalam pikiran Anda, maka hal itu menjadi sebuah penghalang. Jika Anda memahami bahwa itu adalah sebuah rintangan dan menolak untuk menerimanya, kapan pun hal itu muncul Anda akan mengamatinya dan kemudian itu akan hilang.
Jadi tidak ada masalah dalam melanjutkan meditasi vipassanā Anda di rumah. Anda harus terus berlatih di rumah sebanyak mungkin. Pengetahuan asli yang Anda peroleh dari buku memang menginspirasi tetapi Anda tidak boleh menerapkannya ketika anda sedang berlatih meditasi. Bila Anda tidak sedang dalam latihan meditasi, Anda harus memeriksa pengalaman meditasi Anda dengan pengetahuan buku Anda.


Dikutip dari buku Parable of the Log oleh Chanmyay Sayadaw