5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Kesadaran Dalam Keheningan


Dalam retret meditasi, Anda tidak boleh melakukan tindakan atau gerakan apa pun dengan cepat. Anda harus memperlambat semua tindakan dan gerakan semaksimal mungkin, sehingga Anda dapat menerapkan perhatian penuh pada setiap gerakan atau tindakan tubuh. Di rumah, Anda tidak perlu memperlambat semua tindakan dan gerakan ini, tetapi lakukanlah semua dengan normal, dan amati dengan penuh perhatian. Semua tindakan dan gerakan harus dicatat dengan penuh perhatian sebagaimana apa adanya. Ini adalah perhatian penuh/kesadaran secara umum. Saat retret, Anda harus memperlambat semua tindakan dan gerakan, karena tidak ada yang harus Anda lakukan selain selalu waspada atau berperhatian penuh terhadap semua aktivitas mental dan fisik Anda. Anda tidak boleh berbicara, kecuali beberapa kata yang diperlukan dalam rutinitas harian Anda, tetapi beberapa kata ini juga harus diucapkan perlahan dan lembut agar perkataan Anda tidak mengganggu konsentrasi meditator lain. Anda harus melakukan semuanya dengan sedikit suara atau bahkan tanpa suara. Anda tidak boleh mengeluarkan suara dengan berjalan lamban dan berat. Jika Anda memperhatikan gerakan kaki Anda, Anda tidak akan mengeluarkan suara pada saat berjalan. 

Anda harus waspada terhadap apa pun yang muncul di tubuh dan pikiran Anda. Anda harus menyadari setiap aktivitas pikiran dan tubuh Anda sebagaimana apa adanya. Saat Anda makan, Anda harus memperhatikan semua tindakan dan gerakan ketika makan. Saat Anda sedang mandi, berpakaian atau minum air, Anda harus memperlambat semua tindakan Anda dan amati gerakannya. Saat Anda duduk, Anda harus melakukannya dengan sangat perlahan, sadari seluruh gerakan duduk. Saat Anda berdiri, itu juga harus dilakukan dengan sangat perlahan, sadar akan gerakan tersebut, karena kita ingin menyadari setiap proses batin atau jasmani dalam sifat sesungguhnya. Semua proses batin dan jasmani selalu berubah—muncul dan tenggelam, muncul dan lenyap. Kami ingin memahami sifat dari proses batin dan jasmani yang sebenarnya. Oleh karena itu, kita harus memperlambat semua tindakan dan gerakan.

Perhatian penuh dan konsentrasi akan membuka jalan menuju pandangan terang untuk terungkap. Ketika perhatian menjadi berkesinambungan, konsentrasi secara alami menjadi lebih dalam. Ketika konsentrasi menjadi lebih dalam lagi, pandangan terang akan terungkap dengan sendirinya. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memiliki perhatian penuh yang konstan dan berkesinambungan.



Dikutip dari buku Vipassanā Meditation Lectures on Insight Meditation oleh Chanmyay Sayadaw