5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Ānāpāna dan Vipassanā


Ānāpāna dan Vipassanā

1- Setiap kali anda anda mencatat gerakan nafas sebagai “masuk, keluar”, anda merasakan sentuhan udara dan menyadari atau mengetahui kesadaran tubuh, perasaan dan kesadaran pikiran ini adalah Vipassanā.

2- Ketika anda mencatat nafas masuk dan nafas keluar, jika anda mengetahui kembung dan kempes, bergerak, atau gerakan, pengetahuan dari salah satu itu adalah Vipassanā.

3- Jika anda melihat bagian terpisah dari Gerakan nafas masuk dan nafas keluar karena disebabkan dengan keberadaan tubuh fisik, hidung dan niat untuk bernafas, melihat ini adalah juga Vipassanā.

4- Jika anda melihat bagian terpisah dari Gerakan nafas menghilang atau nafas tidak dapat muncul tanpa tubuh fisik, hidung dan niat untuk bernafas, melihat ini adalah juga Vipassanā.

5- Jika anda mencatat “masuk, keluar” di setiap nafas, anda tidak mengambil proses ini sebagai seseorang, mahluk, wanita, pria, saya atau milik saya tetapi anda melihat dan memahaminya sebagai kumpulan dari Gerakan yang dirasakan, melihat dan memahami ini adalah juga Vipassanā.

6- Perhatian pada sentuhan nafas dan Gerakannya adalah juga Vipassanā.

7- Pengetahuan muncul dan lenyap yang jelas dari sentuhan, kesadaran tubuh dan pikiran yang mencatat adalah juga Vipassanā.

Oleh, Tharmanaykyaw Sayadaw