5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Apa Itu Meditasi Pandangan Terang ?


APA ITU MEDITASI PANDANGAN TERANG?

Jika para yogi (meditator) tidak memahami tujuan vipassanā atau meditasi pandangan terang, mereka tidak akan mencoba dengan sepenuh hati dalam mencatat proses batin dan jasmani . Akibatnya, mereka tidak akan dapat menemukan sifat sejati dari fenomena-fenomena ini untuk membuat kemajuan dalam latihan mereka. Oleh karena itu, para yogi perlu mengetahui dengan benar apa itu vipassanā dan bagaimana mempraktikkannya.

Vipassanā  adalah istilah Dhamma yang merupakan kombinasi dari dua kata "vi" dan "passanā ". Di sini, vi mengacu pada tiga karakteristik dari batin (nāma) dan jasmani (rūpa), yaitu ketidakkekalan (anicca), ketidakpuasan atau penderitaan (dukkha), dan tanpa-jiwa atau tanpa-diri atau tanpa ego (anatta). Passanā  berarti pemahaman yang benar atau realisasi melalui konsentrasi yang mendalam, atau pemahaman yang benar dari ketiga karakteristik batin dan jasmani.

Ketika kita mempraktikkan meditasi vipassanā atau meditasi perhatian penuh, tujuannya adalah untuk merealisasikan tiga karakteristik yaitu anicca, dukkha dan anatta dari fenomena batin dan jasmani. Dengan menyadari sepenuhnya tiga karakteristik batin dan jasmani ini, kita dapat memusnahkan setiap kekotoran batin seperti nafsu, keserakahan, keinginan, pendambaan, kebencian, niat buruk, kecemburuan, kesombongan, kemalasan dan kelambanan, kesedihan dan kekhawatiran, kegelisahan dan penyesalan. Kekotoran-kekotoran batin (kilesa) adalah penyebab dari penderitaan. Selama kita memiliki kekotoran-kekotoran batin ini, kita pasti akan mengalami berbagai macam penderitaan (dukkha). Setelah menghancurkan semua kekotoran-kekotoran batin ini, kita kemudian mencapai pembebasan atau lenyapnya penderitaan.

Dikutip dari buku The Process of  Insight Meditation oleh Ashin Janakābhivamsa (Chanmyay Sayadaw)