5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

9. Kapankah Kita Tidak Perlu Memberi Label Pada Objek ?

 

Pertanyaan 9 : Yang Mulia, apakah Anda selalu menganjurkan kami untuk memberi label pada sebuah objek?

Mahasi Sayadaw : Tidak, tidak selalu. Ada kalanya Anda menemukan objek-objek muncul dengan begitu cepat sehingga Anda tidak punya waktu untuk memberi label pada setiap objek. 

Maka Anda berusaha agar tidak tertinggal oleh objek-objek itu dengan cara hanya menyadarinya saja dari saat ke saat, tanpa memberikan label.

Anda juga bisa menyadari empat, lima, atau sepuluh objek secara spontan, meskipun Anda hanya bisa melabeli satu objek saja. Jangan khawatir tentang hal itu, itu juga membantu latihan Anda. 

Jika Anda mencoba memberi label pada semua objek yang muncul, mungkin Anda akan kelelahan dengan cepat. Intinya adalah, untuk secara cermat menyadari berbagai objek, yaitu, dalam hal karakteristiknya. Dalam kondisi ini, Anda juga  hanya bisa menyadari/mengamati objek-objek yang muncul melalui keenam pintu indra dari saat ke saat, daripada mencatatnya secara rutin.

(Summary on How to Practice Vipassana, p. 55)

Note: Ketika seorang telah mencapai nyana 4 (matang), objek tidak bisa dicatat/label lagi, karena muncul lenyap begitu cepat,....jadi cukup diamati/disadari saja.


Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.