5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Tentang Chanmyay Sayadaw

 

chanmyay pic
Yang Mulia Chanmyay Sayadaw U Janakabhivamsa, lahir pada tanggal 24 Juli 1928, adalah seorang Bhikkhu Theravada dari Myanmar.

Beliau lahir di desa Pyinma, Kota Taungdwingyi, Birma, pada hari Selasa, 24 Juli 1928. Orang tuanya adalah U Phyu Min dan Daw Shwe Yee. Ia mulai mempelajari kitab suci Buddha pada usia 15 tahun sebagai seorang bhikkhu pemula. Beliau menerima penahbisan upasampada yang lebih tinggi pada tahun 1947 dan melanjutkan studi lanjutan kitab suci Buddha. Beliau mempraktekkan Vipassana di bawah instruksi dari Yang Mulia Mahasi Sayadaw dari tahun 1953 sampai 1954. Beliau kemudian diundang oleh Organisasi Sasana Buddha untuk menjadi editor kitab suci Buddha dalam bahasa Pali yaitu untuk membacakan kitab suci Buddha di Sidang Konsili Buddha Keenam di Myanmar.

Mulai dari tahun 1957, Sayadaw menghabiskan enam tahun di Kolombo, Sri Lanka, dimana beliau melanjutkan studinya dalam bahasa Inggris, bahasa Sansekerta, Hindi dan Sinhala. Beliau kembali ke Myanmar pada bulan Juni 1963. Atas undangan dari Organisasi Buddha Sasana , ia menetap di Kaba-Aye di mana ia mengedit penerbitan teks-teks Pali.

Di tahun 1967, ia ditunjuk oleh Yang Mulia Mahasi Sayadaw sebagai guru meditasi di Mahasi Sasana Yeiktha, Yangon. Di tahun 1977, Sayadaw Ashin Janakabhivamsa menetap di Pusat Meditasi Chanmyay Yeiktha yang disumbangkan oleh beberapa umat dan menjadi kepala vihara di pusat meditasi tersebut. Beliau sejak saat itu dikenal sebagai Chanmyay Sayadaw.

Pada tahun 1979 - 1980 Chanmyay Sayadaw mendampingi Yang Mulia Mahasi Sayadaw dalam misi Dhamma ke Eropa dan Amerika Serikat. Hingga saat ini beliau telah melakukan banyak misi Dhamma ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.