5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Objek-Objek Umum

Objek-Objek Umum

Ketika mencatat fenomena internal seperti 'kembung, kempis' dan seterusnya dengan penuh perhatian, tidaklah penting untuk mencatat penglihatan dan pendengaran biasa. Dengan mencatat kembung dan kempis dst. dengan penuh perhatian, maka pencatatan dan pengetahuan akan penglihatan dan pendengaran juga terpenuhi. Hanya ada sekadar melihat dan mendengar. Namun, jika yogi dengan sengaja memandang sesuatu, maka yogi harus mencatat sebagai 'memandang, memandang', kemudian melanjutkan mencatat objek yang biasa diamati. Meskipun yogi mungkin tidak melihat dengan sengaja, ketika melihat objek yang menonjol seperti wanita atau pria, yogi harus mencatat sebagai 'melihat, melihat' dua atau tiga kali dan kemudian melanjutkan untuk mencatat objek yang biasa diamati. Jika yogi dengan sengaja mendengarkan sesuatu, ia harus mencatat sebagai 'mendengar, mendengar' lalu melanjutkan mencatat objek yang biasa diamati. Ketika yogi mendengar dengan jelas suara percakapan orang, nyanyian, suara keras, suara anjing, burung, ayam, dsb., yogi harus mencatat sebagai 'mendengar, mendengar' dua atau tiga kali kemudian melanjutkan mencatat objek yang biasa diamati.

Apabila yogi tidak mencatat jenis-jenis penglihatan dan pendengaran yang mencolok seperti ini, maka yogi mungkin tidak akan mampu mengamati dengan jelas kembung-kempis yang biasa diamatinya. Yogi mungkin akan mulai berpikir dan kekotoran batin bisa muncul. Apabila hal ini terjadi, catatlah sebagai 'berpikir' dan kemudian lanjutkan pencatatan. Jika yogi lupa dan melewatkan mencatat proses jasmani dan berpikir, yogi harus mencatat sebagai 'lupa' dan kemudian melanjutkan mencatat apa yang sedang diamati.

Jika kembung-kempis tidak jelas karena napas masuk dan keluar yang halus, catatlah objek-objek seperti duduk, berbaring, sentuhan. Sambil mencatat dengan cara ini, catatlah sentuhan dengan berpindah-pindah di antara empat, lima, dan enam bagian tubuh.


Diterjemahkan dari: Vipassanā Meditation Instruction oleh Mahasi Sayadaw.