5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Minum

minum

Mengambil air minum.

Jika ada keinginan untuk minum air, catat sebagai 'ingin minum'. Jika ada keinginan untuk bangkit, catat sebagai 'ingin bangkit'. Catat aktivitas tangan, kaki, dan tubuh saat bangkit berdiri sesuai dengan label yang diberikan. Bangkitlah dengan memperhatikan tubuh yang semakin lama semakin ringan dan catat sebagai 'bangkit, bangkit', 'bangkit, bangkit'. Bangkitlah perlahan-lahan. Sambil berdiri selama beberapa saat, catat sebagai 'berdiri, berdiri'. Jika yogi melihat sesuatu dengan sengaja, catat sebagai 'melihat, melihat'.

Jika muncul keinginan untuk berjalan, catat sebagai 'ingin berjalan'. Saat berjalan, catat sebagai 'maju, maju' untuk setiap langkah kaki atau catat sebagai 'kanan, kiri'. Harus ada kesadaran mulai dari saat kaki diangkat hingga saat kaki ditaruh. Ketika berjalan perlahan, misalnya ketika melakukan meditasi jalan, untuk setiap langkah kaki, catatlah dua bagian, baik sebagai 'angkat, dorong' atau 'angkat, taruh' atau 'dorong, taruh'. Ketika yogi sudah mampu mencatat dua bagian dengan baik, catatlah tiga bagian untuk setiap langkah kaki sebagai 'angkat, dorong, taruh'.

Jika terlihat ada teko air, catat sebagai 'melihat melihat'. Jika sedang berdiri, catat sebagai 'berdiri'. Jika tangan bergerak ke arah cangkir, catat sebagai 'bergerak, bergerak'. Jika cangkir disentuh, catat sebagai 'menyentuh, menyentuh'. Jika cangkir dipegang, catat sebagai 'memegang, memegang'. Jika air diambil, catat sebagai 'mengambil, mengambil'. Saat menarik tangan kembali, catat sebagai 'menarik, menarik', menarik, menarik'. Jika bibir tersentuh, catat sebagai 'menyentuh, menyentuh'. Jika terasa dingin, catat sebagai 'dingin, dingin'. Saat minum, catat sebagai 'minum, menelan', 'minum, menelan'. Catat sebagai 'dingin, dingin' ketika rasa dingin terasa di tenggorokan dan perut. Ketika menaruh cangkir kembali, catat sebagai 'menaruh, menaruh', 'menaruh, menaruh'. Jika tangan diturunkan, catat sebagai 'turun, turun', 'turun, turun'. Jika tubuh tersentuh, catat sebagai 'menyentuh, menyentuh'.

Jika muncul keinginan untuk berbalik, catat sebagai 'ingin berbalik'. Saat berbalik, catat sebagai 'berbalik', 'berbalik', 'berbalik'. Jika Anda berjalan kembali, lakukan tanpa menghentikan pencatatan. Jika muncul keinginan untuk berdiri, catat sebagai 'ingin berdiri'. Saat berdiri, catat sebagai 'berdiri, berdiri'. Jika Anda berdiri selama beberapa saat, catatlah sebagai 'kembung, kempis, berdiri'. Jika muncul keinginan untuk duduk, catat sebagai 'ingin duduk'. Jika pergi ke tempat duduk, catat seperti biasa.

Ketika tiba, catat sebagai 'tiba'. Jika ada berbalik, catat sebagai 'berbalik'. Jika muncul niat untuk duduk, catat sebagai 'ingin duduk'. Saat turun untuk duduk, perhatikan dengan seksama tubuh yang secara berangsur menjadi lebih berat saat turun dan catat sebagai 'turun, turun', 'turun, turun'. Turunlah secara perlahan-lahan. Pada awal duduk, akan ada penyesuaian pada lengan dan kaki, catatlah seperti biasanya. Jika tidak ada objek yang signifikan untuk dicatat, lanjutkan seperti biasa untuk mencatat kembung dan kempis tanpa jeda.


Diterjemahkan dari: Vipassanā Meditation Instruction oleh Mahasi Sayadaw.