5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Manfaat Meditasi Jalan


Manfaat Meditasi Jalan

Sang Buddha mengatakan bahwa ada lima manfaat dari meditasi jalan : 

1.Daya tahan untuk perjalanan jauh : Para yogi dapat berjalan kaki untuk perjalanan yang jauh karena mereka berlatih meditasi jalan. 

2. Daya tahan untuk latihan keras : Berjalan kaki membuat para yogi aktif dan waspada dalam latihan mereka. Jadi apa pun yang mereka lakukan, mereka akan selalu mengerahkan upaya terbaik dalam hal tersebut. Itulah sebabnya Buddha berkata, jika seseorang berlatih meditasi jalan, maka ia akan menjadi rajin, tekun dengan usaha keras dalam berlatih. Manusia lebih suka duduk daripada berdiri dan berjalan. Dengan kata lain, secara alamiah manusia malas untuk berjalan dan lebih suka duduk. Oleh karena itu, jika seseorang melatih dirinya untuk berjalan dalam waktu yang lama, sebagai hasil dari pengerahan usahanya, dia akan senang berjalan atau, setidaknya, tidak enggan untuk berjalan. Itu berarti dia memiliki energi atau upaya untuk melakukan sesuatu secara aktif dengan kewaspadaan.

 3. Lebih sedikit penyakit : Orang takut kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. Jadi mereka jogging setiap pagi atau setiap sore. Ketika tiba saatnya, mereka tidak akan malas untuk jogging karena mereka telah terbiasa untuk jogging. Jogging merupakan sejenis dengan berjalan. Jadi salah satu manfaat dari berjalan adalah memiliki lebih sedikit penyakit. 

4. Pencernaan yang lebih baik : Manfaat keempat dari berjalan adalah kesehatan. Jika seseorang berlatih meditasi jalan, ia akan lebih sehat daripada orang yang tidak berlatih meditasi jalan. Dengan berlatih meditasi jalan, para yogi dapat menjadi sehat secara mental dan fisik. Namun, kesehatan mental jauh lebih penting daripada kesehatan fisik. Mengenai kesehatan fisik, Sang Buddha mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi semestinya mudah dicerna. Karena pencernaannya lancar, seseorang menjadi sehat. Setelah banyak makanan yang masuk ke dalam perut, jika seseorang berbaring atau duduk, maka makanan tersebut akan sulit dicerna. Sebaliknya, jika seseorang berjalan, makanan akan mudah dicerna. Jadi, pencernaan yang sehat adalah salah satu manfaat dari berjalan.

5. Konsentrasi yang bertahan lama : Manfaat yang paling penting dari berjalan adalah konsentrasi yang bertahan lama. Sang Buddha berkata bahwa konsentrasi yang dicapai dalam meditasi jalan akan bertahan lama. Para yogi dapat dengan mudah memusatkan pikiran mereka pada gerakan kaki karena, saat berjalan, objek meditasi lebih jelas daripada saat duduk. Saat duduk, pernapasan atau gerakan perut tidak begitu jelas terlihat oleh pikiran. Tetapi dalam berjalan, gerakan mengangkat, gerakan mendorong, gerakan menaruh kaki sangat menonjol, sangat jelas bagi pikiran. Ketika objek meditasi menonjol atau dominan, para yogi dapat dengan mudah mencatat atau mengamatinya. Karena para yogi dapat dengan mudah memperhatikan objek tersebut, pikiran mereka menjadi sangat cepat terkonsentrasi pada objek tersebut. Konsentrasi tersebut dapat menjadi sangat dalam sehingga dapat bertahan lama. Beberapa yogi mempraktikkan meditasi jalan secara sistematis dan tekun, dan memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada saat meditasi duduk. Para yogi mengetahui hal ini melalui pengalaman mereka sendiri.

--

Dikutip dari buku The Process Of Insight Meditation oleh Ashin Janakabhivamsa (Chanmyay Sayadaw)