5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Ketika Terasa Sulit Untuk Berlatih

Sudipti Barua

Pada hari-hari ketika terasa sulit untuk berlatih meditasi, saya akan teringat cerita ini: Lakukan apa pun yang Anda bisa - meskipun hanya 5 menit!

"Saya mengatakan padanya, "Ada begitu banyak persoalan dengan ibu dan anak saya, saya harus mengurusi keluarga dan juga menjalankan toko roti yang ramai. Tidak mungkin bagi saya untuk melakukan Vipassanā ini."

"Siapa bilang?" Dipa Ma membalas. "Ketika engkau sedang memikirkan anak atau ibumu, maka pikirkanlah mereka dengan penuh perhatian. Ketika engkau sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, sadarilah bahwa engkau sedang melakukannya. Sebagai seorang manusia, engkau tidak akan pernah bisa memecahkan semua permasalahanmu. Segala hal yang harus engkau jalani beserta penderitaanmu, hadirkanlah kesadaran dalam menghadapinya."

"Tetapi dengan mengurus toko roti dan keluarga, mustahil bagi saya untuk meluangkan waktu bahkan lima menit saja untuk bermeditasi."

"Jika engkau hanya dapat meluangkan waktu lima menit sehari, lakukanlah. Sangat penting untuk melakukan apa pun yang engkau mampu, betapapun kecilnya."

"Saya tahu, tapi saya tidak bisa meluangkan waktu lima menit. Itu tidak mungkin."

Nani lalu meminta saya untuk bermeditasi dengannya, saat itu juga, selama lima menit. Jadi, saya duduk bersamanya selama lima menit. Beliau memberikan saya petunjuk untuk bermeditasi meskipun saya mengatakan tidak punya waktu.
"Saya melakukan lima menit sehari, dan kemudian melakukan lebih banyak dan lebih banyak lagi. Meditasi menjadi prioritas utama saya."

Lalu, entah bagaimana saya menemukan waktu lima menit sehari, dan saya terus mengikuti instruksinya. Dan dari lima menit itu, saya menjadi sangat terinspirasi. Saya melakukan lima menit sehari, dan kemudian lebih banyak dan lebih banyak lagi. Meditasi menjadi prioritas utama saya. Saya ingin bermeditasi kapan pun saya sempat. Saya mampu meluangkan waktu lebih banyak dan lebih lama lagi untuk bermeditasi, dan tak lama kemudian saya bermeditasi berjam-jam sehari, sampai malam, kadang-kadang sepanjang malam setelah pekerjaan saya selesai. Saya menemukan energi dan waktu yang saya tidak sadari saya miliki."

- Sudipti Barua

--

Weekly Dipa Ma
Diterjemahkan dari artikel dari Grup Facebook Dipa Ma

Untuk informasi tentang Dipa Ma, kunjungi https://dipama.com (dalam bahasa Inggris)