5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Ketika Pengetahuan Pandangan Terang Matang, Seorang Yogi Tidak Lagi Melihat Bentuk/Wujud

Ketika Pengetahuan Pandangan Terang Matang

Ketika pengetahuan pandangan terang telah matang, seseorang tidak lagi melihat bentuk atau wujud, pada saat itu, apakah yang akan dialaminya?

Pada awal latihan, ketika seorang yogi mengamati gerakan-gerakan tubuh seperti kembung kempis, dst., ia dengan jelas mempersepsikan bentuk atau wujud dari perut, dan bentuk atau wujud dari tubuh, lengan, dan kaki.
Namun, ketika pengetahuan pandangan terang telah matang, yogi tidak lagi melihat bentuk atau wujud. Ia hanya mengalami fenomena-fenomena yang secara berturut-turut menghilang. Baik itu gerakan tubuh seperti kembung-kempis perut, menekuk, meregang, berjalan, dst.; apakah itu perasaan; apakah itu aktivitas batin seperti berpikir dan merencanakan; apakah itu objek-objek Dhamma seperti melihat, mendengar, dst.; apakah itu batin yang mencatat; ketika yogi melihat fenomena-fenomena tersebut semata-mata lenyap dengan seketika, maka tumbuhlah aniccanupassanāna yang mengetahui ketidakkekalan dalam setiap pencatatan.

--

Diterjemahkan dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw, Seberapa Pentingnya Berlatih Meditasi Satipaṭṭhāna Vipassanā? (Bagian 5), 25 April 2021.