5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Bagaimana Bermeditasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bermeditasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanya Jawab dengan Chanmyay Sayadawgyi

Pertanyaan: Apakah Anda memiliki saran untuk orang-orang yang memahami teknik meditasi tetapi juga ingin mendapatkan manfaat dari meditasi di dalam kehidupan kehidupan sehari-hari di tempat kerja, di rumah, dengan keluarga mereka? Bagaimana mereka dapat menerapkan meditasi di dalam kehidupan sehari-hari mereka?

Jawaban: Mereka dapat memiliki kesadaran secara umum tentang apa yang mereka lakukan. Di dalam sebuah retret meditasi atau di pusat meditasi, Anda harus memperlambat tindakan dan gerakan Anda sehingga Anda dapat menyadari setiap satu tindakan dengan sangat tepat. Di rumah, Anda tidak perlu melambat, Anda dapat melakukan semua tindakan dan gerakan secara normal dan stabil, tetapi Anda harus secara umum menyadari apa yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki, katakanlah, sekitar tiga puluh atau empat puluh menit waktu untuk meditasi, maka Anda berjalan sepuluh menit dan duduk tiga puluh menit. Berjalan terlebih dahulu dan duduk kemudian. Setiap duduk harus didahului dengan meditasi jalan, karena dalam meditasi jalan, objek meditasi sangat menonjol dalam pikiran Anda, sehingga Anda dapat berkonsentrasi lebih baik daripada saat duduk. Jadi, berjalanlah terlebih dahulu, lalu duduk. Misalkan Anda memiliki waktu satu jam untuk meditasi, maka Anda harus berlatih meditasi jalan selama dua puluh menit, empat puluh menit berikutnya Anda duduk.

Pertanyaan : Seberapa sering seseorang harus bermeditasi? Apakah meditasi tersebut dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Ya, meditasi dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi bukan untuk orang yang tinggal di retret meditasi atau pusat meditasi, meditasi adalah untuk semua orang di rumah, untuk kehidupan sehari-hari. Meditasi vipassanā ini disebut juga meditasi perhatian penuh, yang berarti bahwa Anda memperhatikan apa pun yang muncul pada batin dan jasmani Anda pada saat itu terjadi. Dengan kata lain, Anda memperhatikan aktivitas apa pun dari batin dan jasmani Anda sebagaimana itu terjadi secara apa adanya dari saat ke saat. Jadi, jika Anda ingin menerapkan perhatian penuh ini dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus memperhatikan apa pun yang Anda lakukan sebagaimana adanya. Itulah meditasi.
Dengan cara ini, perhatian penuh Anda terhadap semua tindakan dan gerakan menjadi kuat, terus-menerus, dan berkelanjutan dan segala sesuatu yang Anda lakukan, dilakukan dengan penuh perhatian. Kemudian, tidak ada perbuatan salah, tindakan salah, atau ucapan salah karena adanya perhatian penuh. Manfaat dari perhatian penuh tidak hanya itu, tetapi untuk membebaskan batin Anda dari segala kekotoran batin dan semua penderitaan. Tetapi Anda harus mempraktikkannya secara terus-menerus dan secara intensif di pusat meditasi atau selama retret meditasi untuk mendapatkan manfaat tersebut.


Dikutip dari buku Talks And Questions & Answer on Miscellaneous Topics oleh Chanmyay Sayadaw.