5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

5. Objek Meditasi Bagi Pemula

Objek Meditasi Bagi Pemula

Pertanyaan 5: Yang Mulia, apakah yang harus kita perhatikan ketika kita baru mulai berlatih? Misalnya ketika berjalan, apakah kita harus memperhatikan batin dan jasmani yang terlibat?

Mahasi Sayadaw:"Yatha-pakatam Vipassana-bhiniveso" = "Vipassana tetap bersama objek apa pun yang jelas" hal ini dikatakan dalam sub-komentar di Visuddhimagga.
Jadi, seseorang diinstruksikan untuk memulai latihan vipassana dengan memperhatikan sebuah objek yang jelas, yaitu suatu objek yang mudah untuk diamati. Anda hendaknya tidak memulai dengan mengamati objek yang halus atau sulit karena berpikir Anda akan memperoleh kemajuan lebih cepat dalam latihan.

Sebagai contoh, ketika seorang siswa baru mulai belajar, ia seharusnya memulai dengan pelajaran yang mudah. Ia tidak boleh diberikan pelajaran yang sulit. Dengan cara yang sama, Anda hendaknya memulai latihan dengan pengamatan yang paling mudah. Sang Buddha mengajarkan cara yang mudah, contohnya: "ketika berjalan", sadari/amati dengan mencatat 'berjalan", hanya itu saja.

(The discourse on Ariyavassa Sutta p.207)


Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.