5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

1. Apakah Anda Memiliki Keyakinan Pada Praktik Ini Ketika Mulai Berlatih?

Tanya-Jawab Mahasi Sayadaw

Pertanyaan 1: Yang Mulia Mahasi Sayadaw, apakah Anda memiliki keyakinan penuh terhadap latihan Satipatthana Vipassana ketika Anda mulai berlatih?

Mahasi Sayadaw: Tidak, terus terang tidak. Pada awalnya, saya tidak memiliki keyakinan penuh pada latihan ini. Jadi, saya tidak menyalahkan orang-orang yang tidak memiliki keyakinan dalam latihan ini sebelum mereka memulainya. Hal itu terjadi hanya karena mereka memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman sama sekali.
Pada tahun 1931, pada masa vassa saya yang kedelapan, saya merasa sangat penasaran dan juga heran akan cara mengajar seorang guru meditasi bernama Mingon Zetawin Sayadawji yang mengajar seperti berikut: Catatlah berjalan ketika Anda berjalan; catatlah berdiri, ketika berdiri; catatlah duduk, ketika duduk; catatlah berbaring, ketika berbaring; catatlah membungkuk, ketika membungkuk; catatlah meregang, ketika meregang; catatlah makan, ketika makan; Saya merasa bingung dengan kenyataan bahwa tidak ada objek untuk diamati dalam pengertian yang sesungguhnya, seperti batin dan jasmani, serta sifat-sifatnya seperti tidak kekal, dipenuhi penderitaan, dan tanpa diri. Namun, setelah mempertimbangkannya, saya lalu berpikir: "Betapa anehnya cara Sayadawji mengajar, namun saya yakin beliau sangat berpengetahuan dan mengajar berdasarkan pengalaman. Mungkin terlalu dini bagi saya untuk mengambil kesimpulan apakah cara ini baik atau buruk sebelum saya mempraktikkannya sendiri." Maka saya mulai berlatih bersama beliau.

(The discourse on Ariyavasa Sutta p.84)


Diterjemahkan dari "An Interview with Mahasi Sayadaw" yang dikompilasi oleh Tharmanaykyaw Sayadaw.