5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Mengapa Sensasi yang Tidak Menyenangkan Tidak Dapat Disembunyikan oleh Perubahan Posisi Tubuh?

Sensasi yang tidak menyenangkan

Mahasi Sayadaw: Tentang Rasa Sakit ketika Berlatih Meditasi Vipassana

Mengapa sensasi yang tidak menyenangkan tidak dapat disembunyikan oleh perubahan posisi tubuh?

Cobalah duduk tanpa bergerak; lihat berapa lama Anda bisa duduk sebelum rasa sakit mulai muncul. Mungkin hanya lima atau sepuluh menit sebelum Anda mulai merasa tidak nyaman. Setelah lima belas atau dua puluh menit, (rasa sakit mungkin menjadi sangat jelas sehingga) Anda tidak dapat lagi menahan keinginan untuk mengubah posisi. Jadi, orang-orang harus sering melakukan perubahan posisi tubuh seperti mengangkat kepala atau menundukkan kepala, menggerakkan tangan atau kaki, mengayunkan tubuh ke depan atau ke belakang, dan sebagainya. Dengan demikian, mereka melakukan begitu banyak perubahan berkali-kali dalam sehari. Namun, karena tidak adanya perhatian, mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka melakukan perubahan. Begitulah kondisi kebanyakan orang.

"Dalam sehari, kita harus sering mengubah posisi tubuh karena rasa tidak nyaman, namun, karena tidak adanya perhatian/mindfulness, kita bahkan tidak menyadari kita mengubah posisi tubuh."
Sedangkan untuk para yogi vipassanā, mereka terus mengamati apa pun yang muncul pada tubuh mereka. Itulah sebabnya yogi menjadi sadar akan fenomena dalam sifat sejatinya semata-mata karena fenomena diamati terus-menerus sampai akhirnya fenomena tersebut terwujud. Meskipun ada sensasi yang tidak menyenangkan, yogi tetap mencatat objek dengan tekun. Yogi tidak mengubah posisi tubuh ketika mengalami ketidaknyamanan yang ringan. Dan jika keinginan untuk mengubah/bergerak muncul; yogi mencatat keinginan itu, dan kemudian kembali mencatat ketidaknyamanan itu sendiri. Yogi mengubah posisi hanya ketika rasa sakit menjadi tak tertahankan. Ketika mengubah posisi, yogi melakukannya dengan penuh kesadaran dengan mencatat setiap fenomena yang terlibat mulai dari keinginan untuk mengubah. Itulah sebabnya sensasi tidak dapat disembunyikan oleh perubahan posisi tubuh.

Kadang-kadang Anda mungkin mendapati seluruh tubuh terasa seperti onggokan rasa sakit karena Anda merasakan sensasi yang tidak menyenangkan di mana-mana di seluruh tubuh, rasa sakit di bagian ini, rasa kebas atau gatal di bagian itu, dan seterusnya. Demikianlah penderitaan terlihat dalam sifat aslinya ketika mereka tidak disembunyikan oleh perubahan posisi tubuh.

--


 The Good Guidance for Vipassanā Yogī by Ven: Mahāsī Sayādawji, Pain.