5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Ketika Batin Terlalu Bersemangat

Rileks

Q-OC:06 - Ketika yogi terlalu bersemangat, apa yang akan terjadi padanya?

Apabila yogi terlalu bersemangat, ia mungkin tidak mampu mencatat pikiran-pikiran yang mengembara yang diakibatkan oleh usaha yang berlebihan. Objek-objek yang sedang diamati mungkin terlihat tidak jelas, dan ia mungkin mengalami kesulitan dalam latihan.


T-OC:07 - Dalam situasi seperti itu apakah yogi harus rileks, bagaimana yogi seharusnya berpikir?

Dalam situasi seperti itu, yogi hendaknya rileks dan berpikir: "Tidak ada jiwa atau diri yang dapat mengatur segala sesuatu seperti yang saya inginkan. Tidak peduli seberapa keras saya berusaha, pengetahuan pandangan terang mungkin masih belum muncul. Biarlah saya membiarkan segala sesuatunya mengikuti jalur alaminya. Tidak masalah jika saya melewatkan beberapa objek di sana-sini. Saya hanya berusaha terus mencatat sebaik mungkin." Maka, batin yang gelisah atau mengembara akan mereda dengan sendirinya.


T-OC:08 - Ketika rileks, apa yang akan terjadi pada batin?

Beberapa orang bahkan mendapati ketika mereka rileks, batinnya akan segera tenang dan pencatatannya menjadi sangat baik. Oleh karena itu, pengerahan usaha yang terlalu kuat akan mengganggu; ketika rileks, batin tidak mengembara dan menjadi stabil.


The Good Guidance for Vipassanā Yogī by Ven: Mahāsī Sayādawji, Obstacle of  Concentration.