5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Keseimbangan Antara Usaha dan Konsentrasi

 Keseimbangan antara usaha dan konsentrasi

Apa yang akan terjadi ketika energi berlebihan?

Ketika energi berlebihan, seseorang akan berusaha terlalu keras. Ia mungkin akan mencari-cari objek untuk dicatat, ia khawatir bahwa ia tidak dapat mencatat objek secara efektif, atau bahwa ia mungkin melewatkan suatu objek yang perlu dicatat. Terkadang ia mungkin akan berpikir tentang seberapa efektif ia akan mencatat objek di masa depan, atau seberapa sering ia melewatkan objek di masa lalu. Batin tidak dapat terkonsentrasi dengan baik dengan semua kekhawatiran yang berlebihan ini, dan hanya akan menjadi gelisah.

Apakah akibat dari usaha yang berlebihan?

Karena kegelisahan ini, seseorang tidak akan mampu sepenuhnya menyadari setiap fenomena batin dan jasmani yang muncul. Dengan demikian, usaha yang berlebihan mengakibatkan konsentrasi yang lemah dan pengalaman yang tidak jernih ketika berlatih. Ini adalah usaha yang berlebihan yang mengganggu pencatatan.

Apakah penyebab melemahnya usaha seseorang?

Akan tetapi, ketika konsentrasi berlebihan, batin yang mencatat mungkin akan terpaku pada satu objek untuk jangka waktu yang lama. Karena objek-objek lain tidak muncul dalam batin, seseorang tidak mengerahkan usaha untuk mencatat objek-objek lainnya. Ketika seseorang terus mencatat dengan cara yang santai tanpa mengerahkan usaha, maka usahanya akan melemah.

Apakah dampak dari konsentrasi yang berlebihan?

Hal ini serupa dengan apa yang terjadi ketika seseorang mengulang-ulang suatu mantra yang telah dihafalnya. Sebagai akibatnya, objek dan batin yang mencatat menjadi kabur atau samar, kemalasan dan kelambanan mulai berkembang, dan seseorang tidak dapat sepenuhnya menyadari setiap fenomena batin dan jasmani yang muncul. Ini adalah konsentrasi yang berlebihan yang mengganggu pencatatan.

Apakah manfaat dari kekuatan keseimbangan batin, yang menjaga keseimbangan antara kekuatan usaha dan kekuatan konsentrasi?

Karena kekuatan keseimbangan batin, yang menjaga keseimbangan antara kekuatan usaha dan kekuatan konsentrasi, seseorang akan mampu mencatat objek-objek dengan jelas dari saat ke saat. Meskipun ada banyak objek-objek yang muncul, batin tidak akan menjadi gelisah. Semua fenomena batin dan jasmani yang muncul akan dicatat, seolah-olah dengan sendirinya, dan batin akan tetap mantap pada objek-objek yang disadari. Kemudian, yogi akan berpikir bahwa tidak ada objek yang terlewatkan dan bahwa ia menyadari semua objek yang muncul.

--

Dikutip dari ceramah oleh Tharmanaykyaw Sayadaw, Usaha (Vīriya), Perhatian Penuh (Sati), dan Konsentrasi (Samādhi) (Bagian 1), 28 November 2021.