5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Hal-hal Apa Saja yang Penting Bagi Para Yogi Agar Dapat Memperoleh Kemajuan?

Faktor-faktor penting dalam berlatih meditasi

Ketika seseorang berlatih meditasi, dengan setiap pencatatan dan pengamatan, ia mengerahkan usaha (vīriya). Energi (vīriya) inilah yang seolah-olah mendorongnya dari belakang:" Ayo, ayo!" "Lakukan! Lakukan!" Ada vīriya yang hadir yang mendorong yogi secara terus-menerus. Seorang yogi yang kuat dalam vīriya dapat mengembangkan konsentrasi (samādhi) dan pengetahuan (ñāṇa) dalam waktu singkat. Vīriya sangatlah penting.

Saya telah merangkum faktor-faktor yang paling penting dalam berlatih meditasi. Yang pertama adalah keyakinan (saddhā). Hanya jika seseorang memiliki keyakinan, maka ia akan berlatih. Meyakini bahwa: "Jika saya berlatih dengan cara ini, maka hal ini akan benar-benar terjadi dengan cara seperti ini" adalah saddhā.
Setelah keyakinan, ada kemauan atau kehendak (chanda). Meskipun seseorang memiliki keyakinan, ia juga membutuhkan kemauan atau kehendak. Kemauan untuk berlatih meditasi itu penting. Kemauan itu haruslah kuat. Setelah chanda, apakah yang penting? Hanya usaha (vīriya) yang penting.


Dikutip dari ceramah oleh Tharmanaykyaw Sayadaw, Usaha (Vīriya), Perhatian Penuh (Sati), dan Konsentrasi (Samādhi) (Bagian 2), 19 Desember 2021.