5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Bagaimana Seseorang Membedakan Jasmani dan Batin?

Membedakan Jasmani dan Batin


Bagaimana seseorang membedakan antara jasmani dan batin?

Dimulai dari saat batin menjadi murni, seseorang mengetahui bahwa objek yang dicatat adalah satu hal, dan batin yang mencatat adalah hal yang berbeda. Sebelumnya, ia mengira bahwa objek jasmani yang dicatat dan batin yang mencatat merupakan satu orang. Sekarang, ia tidak lagi berpikir dengan cara itu. Ia melihat mereka sebagai dua hal yang terpisah. Objek kembung kempis yang dicatat adalah satu hal, dan batin yang mencatat dan mengetahui kembung kempis itu adalah hal yang berbeda. Ia mengetahui keduanya secara terpisah. Ia juga membedakan setiap objek-objek yang diamati seperti membungkuk, meregang, bergerak, mengubah postur tubuh, berdiri, berjalan, mengangkat, bergerak maju, dan menaruh, dsb., yang merupakan tubuh fisik yang harus dicatat, dengan batin yang mencatat. Bahkan tidak mungkin baginya untuk melihat keduanya bercampur menjadi satu.

"Sekarang, ia melihat objek jasmani yang diamati dan batin yang mengamati sebagai dua hal yang terpisah. Bahkan tidak mungkin baginya untuk melihat keduanya menyatu."

Kapankah seseorang terbebas dari pandangan salah tentang diri, attadiṭṭhi, dan kapankah seseorang memperoleh pengetahuan yang jernih diṭṭhivisuddhi?

Ini adalah pengetahuan pandangan terang yang membedakan antara jasmani dan batin, nāmarūpa-paricchedañana. Ketika seseorang mengetahui dengan cara ini bahwa jasmani adalah satu hal, dan batin yang mengetahui adalah hal yang berbeda, maka ia terbebas dari pandangan salah tentang diri, attadiṭṭhi, dimana ia meyakini sebelumnya bahwa hanya ada satu orang dan satu jasmani. Terbebas dari attadiṭṭhi dan memperoleh pengetahuan jernih disebut diṭṭhivisuddhi, kemurnian pandangan.

--

Dikutip dari ceramah oleh Tharmanaykyaw Sayadaw, Seberapa Pentingnya Berlatih Meditasi Satipaṭṭhāna Vipassanā? (Bagian 5), 25 April 2021.