5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Apakah Karakteristik dari Usaha (Vīriya)?

Karakteristik dari Usaha

Orang-orang yang lemah dalam usaha, setelah bekerja sedikit, akan mengendur dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan. Orang-orang yang kuat dalam usaha tidak akan mundur atau menyerah. Mereka berusaha terus-menerus tanpa henti. Mereka berjuang tanpa henti sampai tugasnya tuntas. Mereka akan terus maju dan tidak mundur. Asaṁsīdana - Terwujud dalam diri para yogi sebagai sikap pantang menyerah.

Karakteristik dari viriya adalah pengerahan usaha.
Fungsinya adalah untuk menginspirasi daya tahan mental.
Perwujudannya adalah ketekunan yang kuat yang pantang mundur.
Oleh karena itu, Anda harus mengingat faktor pencerahan dari usaha.

Karakteristik dari faktor pencerahan usaha (vīriyasambojjhaṅga) adalah mengerahkan energi. Vīriya berarti mengerahkan usaha. Mengerahkan usaha dalam perbuatan-perbuatan baik seperti berderma (dāna), mempraktikkan moralitas (sīla), dsb, adalah vīriya yang bajik.
Ketika berlatih meditasi, dalam setiap pencatatan, vīriya seolah-olah mendorong yogi dari belakang agar tidak mengendur. Kualitas mengerahkan energi dan mengerahkan usaha terkandung dalam setiap pengamatan. Para yogi bisa mengetahui hal ini dengan jelas bagi diri mereka sendiri. Sifat dari mengerahkan usaha sangatlah jelas bagi para yogi, ini merupakan karakteristik dari vīriya.



Dikutip dari ceramah oleh Tharmanaykyaw Sayadaw, Usaha (Vīriya), Perhatian Penuh (Sati), dan Konsentrasi (Samādhi) (Bagian 2), 19 Desember 2021.