13. Apa saja yang diperlukan untuk bersemayam dalam Kediaman Para Mulia, yang bercirikan pencapaian nibbāna dan pembebasan dari segala jenis penderitaan?
Seperti halnya diperlukan uang untuk membangun sebuah rumah duniawi, demikian pula, diperlukan keyakinan untuk membangun Kediaman Mulia. Anda harus memiliki keyakinan bahwa praktik Ariyāvāsa menjamin keselamatan dari kelahiran kembali di alam-alam yang menyedihkan serta bahaya-bahaya lainnya dalam lingkaran kelahiran kembali (saṃsāra). Hanya dengan memiliki keyakinan seperti ini, Anda akan mengerahkan usaha yang sungguh-sungguh untuk membangun Kediaman Mulia.Ada orang-orang yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat mempercayai apa pun tanpa mengalaminya sendiri. Dalam beberapa kasus, keyakinan yang akan mengikuti fakta, namun, dalam beberapa kasus tertentu, keyakinan datang lebih dulu dan fakta akan ditemukan belakangan melalui pengalaman. Misalnya, untuk bisa pergi ke suatu tempat untuk pertama kalinya, Anda harus memiliki keyakinan pada informasi yang Anda perlukan yang diberikan oleh seseorang yang dapat dipercaya. Hanya dengan keyakinan faktual seperti itu, Anda akan berhasil mencapai tempat tersebut dengan menggunakan kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang seperti yang telah direkomendasikan. Tanpa adanya keyakinan, Anda tidak akan berhasil. Dalam banyak kasus seperti ini, keyakinan datang lebih dulu dan fakta-fakta akan didapatkan kemudian.
Jadi, hanya apabila Anda berlatih dengan disertai keyakinan pada nasihat yang diberikan oleh seseorang yang dapat dipercaya, maka Anda akan berhasil untuk menetap dalam Kediaman Para Mulia, yang bercirikan pencapaian nibbāna dan pembebasan dari segala jenis penderitaan. Jika tidak, Anda harus tinggal di rumah biasa yang rentan terhadap segala macam ancaman bahaya di sepanjang siklus kelahiran dan kematian.
Selanjutnya, pada saat Anda tiba di tempat tujuan Anda untuk pertama kalinya, Anda perlu memeriksa apakah Anda telah tiba di tempat yang tepat. Ketika Anda menemukan diri Anda berada di tempat tujuan yang benar, Anda kemudian dapat menarik kesimpulan bahwa perjalanan Anda dengan menggunakan kereta api, kapal laut, atau pesawat adalah benar, atau informasi perjalanan atau saran yang Anda terima adalah benar. Kemudian, keyakinan itu menjadi kokoh berdasarkan pengalaman Anda sendiri.
Dengan cara yang sama, pertama-tama Anda harus mempraktikkan meditasi perhatian penuh dengan disertai keyakinan pada instruksi yang diberikan oleh seorang guru yang dapat dipercaya. Tetapi kemudian Anda akan menemukan diri Anda mengembangkan konsentrasi dan pemahaman sampai pada tingkat yang luar biasa. Kemudian, akan timbul keyakinan yang kuat berdasarkan pengalaman Anda sendiri bahwa metode ini adalah ajaran yang benar, ajaran sesungguhnya dari Sang Buddha. Lebih jauh lagi, keyakinan seperti itu akan menjadi tak tergoyahkan ketika Anda mengalami terobosan dalam dhamma (avecca-pasāda).
14. Apakah penting untuk memiliki keyakinan (akan manfaat dari perhatian penuh) sebelum Anda mencobanya?
Meditasi
perhatian penuh merupakan metode yang telah teruji oleh waktu, yang
merupakan ajaran autentik Sang Buddha yang layak untuk direkomendasikan,
'Datang dan Lihatlah' (ehi-passika). Sebagai contoh, dalam kehidupan
sehari-hari, Anda tidak akan merekomendasikan orang lain untuk mencoba
makanan yang tidak enak karena mereka akan menyalahkan Anda ketika
mereka mendapati rasa makanan tersebut tidak enak. Sebaliknya, jika Anda
merekomendasikan atau memberi mereka makanan yang enak, mereka pasti
akan berterima kasih karenanya.
Dengan cara yang sama, ketika
orang-orang mengikuti nasihat Anda mengembangkan perhatian penuh dan
merasakan manfaatnya, mereka akan sangat berterima kasih kepada Anda.
Sejatinya, ajaran Sang Buddha telah teruji oleh waktu, dan oleh karena
itu layak untuk direkomendasikan, "Datang dan Lihatlah" yang berarti,
"Cobalah." Kenyataan ini menandakan salah satu sifat Dhamma yang
terkenal, "Layak untuk Didatangi dan Dilihat" (Ehi-passiko).
Seperti
yang telah saya sampaikan sebelumnya, sangat penting untuk memiliki
keyakinan (akan manfaat dari perhatian penuh) sebelum Anda mulai
mencobanya. Keyakinan seperti itu merupakan prasyarat untuk membangun
Kediaman Mulia (ariyāvāsa), ibaratnya seperti uang yang diperlukan
sebagai syarat untuk bisa membangun sebuah rumah duniawi.
15. Apakah juga diperlukan untuk memiliki tekad dan aspirasi yang kuat untuk mencapai magga-phala dan nibbāna dalam kehidupan ini juga?
Juga
perlu untuk memiliki tekad dan aspirasi yang kuat untuk mencapai
magga-phala dan nibbāna dalam kehidupan ini juga. Yang tidak kalah
pentingnya adalah usaha yang tak kenal lelah dan tanpa henti dalam
berlatih. Ini ibarat tiket masuk ke Kediaman Para Mulia. Jadi, jika anda
memiliki keyakinan, tekad dan kekuatan yang cukup, maka Anda akan
sanggup membangun atau menetap di Kediaman Para Mulia. Diberkahi dengan
kualitas-kualitas semacam itu ( yaitu keyakinan, tekad, dan usaha), Anda
akan berperhatian penuh terhadap semua fenomena yang muncul di keenam
pintu indra ketika Anda melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan,
berdiri, makan, dan sebagainya.
Berperhatian penuh berarti
membangun atau bersemayam di Kediaman Mulia. Dengan kata lain, setiap
momen perhatian penuh berarti selangkah lebih dekat pada pembebasan dari
bahaya kelahiran kembali di alam-alam menyedihkan. Pada waktunya,
pengembangan perhatian penuh akan mengarah pada tingkatan-tingkatan
kemajuan dalam pandangan terang yang berpuncak pada pencapaian nibbāna.
Dengan demikian, Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang mulia
yang memiliki Kediaman Mulia dan bersemayam di sana dengan damai dan
elok.
16. Rumah seperti apakah yang ingin Anda tinggali, sebuah rumah megah yang indah atau sebuah gubuk sederhana, atau tinggal di tempat terbuka sebagai tunawisma di pinggir jalan?
Jika Anda bertanya pada
orang-orang, rumah seperti apa yang ingin mereka tinggali, sebuah rumah
megah yang indah atau sebuah gubuk sederhana, atau tinggal di tempat
terbuka di pinggir jalan sebagai seorang tunawisma, saya yakin tidak ada
seorang pun yang akan mengatakan bahwa mereka ingin menjadi tunawisma;
mereka bahkan tidak ingin tinggal di sebuah gubuk sederhana. Saya yakin
semua orang ingin tinggal di rumah yang indah karena mereka akan merasa
aman dan nyaman di sana.
Demikian pula, dalam lingkaran kelahiran
kembali, Anda hendaknya memikirkan jenis tempat tinggal seperti apa
yang ingin Anda tinggali, Kediaman Para Mulia (ariyāvāsa) atau rumah
orang biasa yang bobrok. Anda sendiri yang harus menjawab pertanyaan
ini, orang lain tidak bisa menjawabnya untuk Anda. Tetapi, jika Anda
menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya, tentu saja pilihan saya
adalah Kediaman Para Mulia, dan saya tidak begitu yakin apakah ada orang
yang mau tinggal di kediaman orang biasa yang bobrok. Tentu saja,
Kediaman Para Mulia memiliki standar yang tinggi dan dilindungi dengan
baik.
Sebelum saya mengakhiri ceramah Dhamma ini,
marilah kita mengulang kembali tiga semboyan yang telah saya sampaikan
di awal ceramah.
1. Semakin berkesinambungan perhatian penuh,
maka semakin kuat konsentrasi, dan semakin kuat konsentrasi, maka
semakin tajam pandangan terang.
2. Berperhatian penuh terhadap apa pun yang muncul; dengan demikian, terlindungi oleh perhatian penuh setiap saat.
3. Semakin lama anda berperhatian penuh, semakin lama anda dapat bersemayam dalam kediaman Para Mulia.
Ceramah Dhamma telah selesai dan marilah kita mengucapkan Sadhu sadhu sadhu...
Diterjemahkan dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw tentang Sakunagghi Sutta dari Samyutta Nikaya Pali.