5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Sakunagghi Sutta (4/4)

Sakunagghi Sutta

13. Apa saja yang diperlukan untuk bersemayam dalam Kediaman Para Mulia, yang bercirikan pencapaian nibbāna dan pembebasan dari segala jenis penderitaan?

Seperti halnya diperlukan uang untuk membangun sebuah rumah duniawi, demikian pula, diperlukan keyakinan untuk membangun Kediaman Mulia. Anda harus memiliki keyakinan bahwa praktik Ariyāvāsa menjamin keselamatan dari kelahiran kembali di alam-alam yang menyedihkan serta bahaya-bahaya lainnya dalam lingkaran kelahiran kembali (saṃsāra). Hanya dengan memiliki keyakinan seperti ini, Anda akan mengerahkan usaha yang sungguh-sungguh untuk membangun Kediaman Mulia.

Ada orang-orang yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat mempercayai apa pun tanpa mengalaminya sendiri. Dalam beberapa kasus, keyakinan yang akan mengikuti fakta, namun, dalam beberapa kasus tertentu, keyakinan datang lebih dulu dan fakta akan ditemukan belakangan melalui pengalaman. Misalnya, untuk bisa pergi ke suatu tempat untuk pertama kalinya, Anda harus memiliki keyakinan pada informasi yang Anda perlukan yang diberikan oleh seseorang yang dapat dipercaya. Hanya dengan keyakinan faktual seperti itu, Anda akan berhasil mencapai tempat tersebut dengan menggunakan kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang seperti yang telah direkomendasikan. Tanpa adanya keyakinan, Anda tidak akan berhasil. Dalam banyak kasus seperti ini, keyakinan datang lebih dulu dan fakta-fakta akan didapatkan kemudian.

Jadi, hanya apabila Anda berlatih dengan disertai keyakinan pada nasihat yang diberikan oleh seseorang yang dapat dipercaya, maka Anda akan berhasil untuk menetap dalam Kediaman Para Mulia, yang bercirikan pencapaian nibbāna dan pembebasan dari segala jenis penderitaan. Jika tidak, Anda harus tinggal di rumah biasa yang rentan terhadap segala macam ancaman bahaya di sepanjang siklus kelahiran dan kematian.

Selanjutnya, pada saat Anda tiba di tempat tujuan Anda untuk pertama kalinya, Anda perlu memeriksa apakah Anda telah tiba di tempat yang tepat. Ketika Anda menemukan diri Anda berada di tempat tujuan yang benar, Anda kemudian dapat menarik kesimpulan bahwa perjalanan Anda dengan menggunakan kereta api, kapal laut, atau pesawat adalah benar, atau informasi perjalanan atau saran yang Anda terima adalah benar. Kemudian, keyakinan itu menjadi kokoh berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Dengan cara yang sama, pertama-tama Anda harus mempraktikkan meditasi perhatian penuh dengan disertai keyakinan pada instruksi yang diberikan oleh seorang guru yang dapat dipercaya. Tetapi kemudian Anda akan menemukan diri Anda mengembangkan konsentrasi dan pemahaman sampai pada tingkat yang luar biasa. Kemudian, akan timbul keyakinan yang kuat berdasarkan pengalaman Anda sendiri bahwa metode ini adalah ajaran yang benar, ajaran sesungguhnya dari Sang Buddha. Lebih jauh lagi, keyakinan seperti itu akan menjadi tak tergoyahkan ketika Anda mengalami terobosan dalam dhamma (avecca-pasāda).

14. Apakah penting untuk memiliki keyakinan (akan manfaat dari perhatian penuh) sebelum Anda mencobanya?

Meditasi perhatian penuh merupakan metode yang telah teruji oleh waktu, yang merupakan ajaran autentik Sang Buddha yang layak untuk direkomendasikan, 'Datang dan Lihatlah' (ehi-passika). Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak akan merekomendasikan orang lain untuk mencoba makanan yang tidak enak karena mereka akan menyalahkan Anda ketika mereka mendapati rasa makanan tersebut tidak enak. Sebaliknya, jika Anda merekomendasikan atau memberi mereka makanan yang enak, mereka pasti akan berterima kasih karenanya.

Dengan cara yang sama, ketika orang-orang mengikuti nasihat Anda mengembangkan perhatian penuh dan merasakan manfaatnya, mereka akan sangat berterima kasih kepada Anda. Sejatinya, ajaran Sang Buddha telah teruji oleh waktu, dan oleh karena itu layak untuk direkomendasikan, "Datang dan Lihatlah" yang berarti, "Cobalah." Kenyataan ini menandakan salah satu sifat Dhamma yang terkenal, "Layak untuk Didatangi dan Dilihat" (Ehi-passiko).
Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, sangat penting untuk memiliki keyakinan (akan manfaat dari perhatian penuh) sebelum Anda mulai mencobanya. Keyakinan seperti itu merupakan prasyarat untuk membangun Kediaman Mulia (ariyāvāsa), ibaratnya seperti uang yang diperlukan sebagai syarat untuk bisa membangun sebuah rumah duniawi.

15. Apakah juga diperlukan untuk memiliki tekad dan aspirasi yang kuat untuk mencapai magga-phala dan nibbāna dalam kehidupan ini juga?

Juga perlu untuk memiliki tekad dan aspirasi yang kuat untuk mencapai magga-phala dan nibbāna dalam kehidupan ini juga. Yang tidak kalah pentingnya adalah usaha yang tak kenal lelah dan tanpa henti dalam berlatih. Ini ibarat tiket masuk ke Kediaman Para Mulia. Jadi, jika anda memiliki keyakinan, tekad dan kekuatan yang cukup, maka Anda akan sanggup membangun atau menetap di Kediaman Para Mulia. Diberkahi dengan kualitas-kualitas semacam itu ( yaitu keyakinan, tekad, dan usaha), Anda akan berperhatian penuh terhadap semua fenomena yang muncul di keenam pintu indra ketika Anda melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan, berdiri, makan, dan sebagainya.

Berperhatian penuh berarti membangun atau bersemayam di Kediaman Mulia. Dengan kata lain, setiap momen perhatian penuh berarti selangkah lebih dekat pada pembebasan dari bahaya kelahiran kembali di alam-alam menyedihkan. Pada waktunya, pengembangan perhatian penuh akan mengarah pada tingkatan-tingkatan kemajuan dalam pandangan terang yang berpuncak pada pencapaian nibbāna. Dengan demikian, Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang mulia yang memiliki Kediaman Mulia dan bersemayam di sana dengan damai dan elok.

16. Rumah seperti apakah yang ingin Anda tinggali, sebuah rumah megah yang indah atau sebuah gubuk sederhana, atau tinggal di tempat terbuka sebagai tunawisma di pinggir jalan?

Jika Anda bertanya pada orang-orang, rumah seperti apa yang ingin mereka tinggali, sebuah rumah megah yang indah atau sebuah gubuk sederhana, atau tinggal di tempat terbuka di pinggir jalan sebagai seorang tunawisma, saya yakin tidak ada seorang pun yang akan mengatakan bahwa mereka ingin menjadi tunawisma; mereka bahkan tidak ingin tinggal di sebuah gubuk sederhana. Saya yakin semua orang ingin tinggal di rumah yang indah karena mereka akan merasa aman dan nyaman di sana.

Demikian pula, dalam lingkaran kelahiran kembali, Anda hendaknya memikirkan jenis tempat tinggal seperti apa yang ingin Anda tinggali, Kediaman Para Mulia (ariyāvāsa) atau rumah orang biasa yang bobrok. Anda sendiri yang harus menjawab pertanyaan ini, orang lain tidak bisa menjawabnya untuk Anda. Tetapi, jika Anda menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya, tentu saja pilihan saya adalah Kediaman Para Mulia, dan saya tidak begitu yakin apakah ada orang yang mau tinggal di kediaman orang biasa yang bobrok. Tentu saja, Kediaman Para Mulia memiliki standar yang tinggi dan dilindungi dengan baik.

Sebelum saya mengakhiri ceramah Dhamma ini, marilah kita mengulang kembali tiga semboyan yang telah saya sampaikan di awal ceramah.

1. Semakin berkesinambungan perhatian penuh, maka semakin kuat konsentrasi, dan semakin kuat konsentrasi, maka semakin tajam pandangan terang.
2. Berperhatian penuh terhadap apa pun yang muncul; dengan demikian, terlindungi oleh perhatian penuh setiap saat.
3. Semakin lama anda berperhatian penuh, semakin lama anda dapat bersemayam dalam kediaman Para Mulia.

Ceramah Dhamma telah selesai dan marilah kita mengucapkan Sadhu sadhu sadhu...


Diterjemahkan dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw tentang Sakunagghi Sutta dari Samyutta Nikaya Pali.

Sakunagghi Sutta (Bagian 1)