5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Sakunagghi Sutta (3/4)

Sakunagghi Sutta

9. Apa yang dimaksud dengan membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap perasaan?

"Ia menyadari 'Saya merasakan perasaan yang menyakitkan' ketika ia merasakan perasaan yang menyakitkan."
Yogi mencatat "panas, panas" atau "sakit, sakit" setiap kali muncul rasa panas atau sakit. Dengan demikian, ia penuh perhatian dan ia tahu bagaimana perasaan-perasaan itu muncul dan kemudian lenyap.
Ini adalah membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap perasaan.

10. Apa yang dimaksud dengan membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap batin?

"Ia menyadari batin yang bergairah sebagai bergairah." Setiap kali pikiran atau gagasan seperti itu muncul, yogi akan mencatat "melekat, menyenangkan, dsb."
Dengan demikian, ia penuh perhatian dan mengetahui bagaimana mereka muncul dan lenyap. Ini adalah membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap batin.

11. Apakah yang dimaksud dengan membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap objek-objek dhamma (rintangan-rintangan batin dan sebagainya)?

"Seseorang yang memiliki nafsu indra dalam dirinya menyadari bahwa 'Di dalam diriku ada nafsu indra'."
Yogi akan mencatat "keinginan, kesenangan, dsb.", dan ia penuh perhatian dan mengetahui bagaimana tabiat-tabiat seperti nafsu indra muncul dan lenyap.
Ini adalah membangun perhatian penuh melalui perenungan terhadap objek-objek dhamma (= rintangan-rintangan batin, dsb.).

12. Berapa lama Anda dapat bersemayam dalam Kediaman Para Mulia?

Jadi, jika Anda memiliki keyakinan, aspirasi, dan usaha, maka Anda akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengembangkan perhatian penuh, dengan cara mencatat "pergi, pergi," ketika pergi; "menekuk, menekuk," ketika menekuk; "meregang, meregang," ketika meregang; "melihat, melihat," ketika melihat; "mendengar, mendengar," ketika mendengar, dst.
Setiap momen perhatian penuh berarti momen dimana Anda bersemayam dalam Kediaman Para Mulia.

Jadi, berperhatian penuh selama beberapa saat atau beberapa menit berarti bersemayam dalam Kediaman Para Mulia selama beberapa saat atau beberapa menit. Semakin lama Anda berperhatian penuh, semakin lama Anda dapat bersemayam dalam Kediaman Para Mulia. Anda bahkan tidak perlu membayar sepeser pun untuk itu. Dalam konteks ini, praktik perhatian penuh dapat diibaratkan seperti tinggal di sebuah rumah megah secara cuma-cuma.

Nah, jika Anda ingin tinggal dengan damai dan elok dalam Kediaman Para Mulia, kembangkanlah perhatian penuh. Atau, jika Anda merasa baik-baik saja menjadi orang yang tidak punya tempat tinggal, atau harus tinggal di sebuah rumah atau pondok yang bobrok yang rentan terhadap segala macam ancaman bahaya, maka Anda boleh menghabiskan hidup Anda seperti biasanya, tanpa perlu berperhatian penuh. Hal ini terserah pada Anda semua; pilihan ada di tangan Anda, para umat.

 

(bersambung - Bagian 4)

Diterjemahkan dari ceramah Tharmanaykyaw Sayadaw tentang Sakunagghi Sutta dari Samyutta Nikaya Pali.