5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Mengenai Meditasi Jalan

Mengenai Meditasi Jalan

Ketika Anda bermeditasi "kanan, kiri," apa yang Anda ketahui? Apakah pengetahuan yang tepat, pengetahuan yang benar?

Ketika Anda bermeditasi "kanan, kiri," Anda mengetahui tekanan di setiap langkah - sifat alamiahnya. Anda mengetahui gerakannya - fungsinya. Dan Anda mengetahui penyampaiannya - perwujudannya. Ini adalah pengetahuan yang tepat, pengetahuan yang benar.

The Good Guidance for Vipassanā Yogī by Ven: Mahāsī Sayādawji

Ketika Anda berjalan, bagaimana seharusnya Anda mencatat setiap langkah?

Ketika Anda berjalan, catat setiap langkah sebagai "melangkah, melangkah" atau "kanan, angkat."
Ikuti setiap langkah dengan penuh perhatian, mulai dari gerakan kaki diangkat hingga kaki diturunkan kembali. Ketika berjalan perlahan, atau selama meditasi jalan formal, catatlah dua bagian dari setiap langkah, baik itu: " angkat, dorong", "angkat, taruh", atau " dorong, taruh".

Setelah Anda dapat dengan mudah mencatat dua bagian dari setiap langkah, apa yang hendaknya Anda lakukan?

Setelah Anda dapat dengan mudah mencatat dua bagian dari setiap langkah, beralihlah untuk mencatat tiga bagian: "angkat, dorong, taruh."

Bagaimana cara mencatat ketika berjalan cepat?

Ketika berjalan cepat, perhatikan langkah-langkahnya, apakah dilakukan dengan kaki kanan atau kiri. Anda harus menyadari semua gerakan beruntun yang terjadi, mulai dari mengangkat kaki hingga menurunkannya. Catat setiap langkah yang dilakukan, apakah dengan kaki kanan atau kiri. Ini adalah cara mencatat ketika seseorang berjalan dengan cepat. Mencatat seperti ini sudah cukup ketika berjalan cepat atau berjalan jauh.

Bagaimana cara mencatat ketika berjalan perlahan atau melakukan Cañkama (berjalan bolak-balik)?

Ketika berjalan pelan atau melakukan Cañkama (berjalan bolak-balik), ada tiga gerakan yang harus diperhatikan dalam setiap langkah: mengangkat kaki, mendorong kaki ke depan, dan menjatuhkan kaki. Mulailah dengan mencatat gerakan mengangkat dan menjatuhkan kaki. Seseorang harus sepenuhnya menyadari saat mengangkat kaki. Demikian pula, ketika kaki dijatuhkan, ia harus sepenuhnya menyadari 'beratnya' kaki yang dijatuhkan.

Kapankah Anda harus melanjutkan untuk mencatat tiga gerakan kaki?

Ketika berjalan, seseorang harus mencatat 'angkat, taruh' di setiap langkah. Pencatatan ini akan menjadi lebih mudah setelah berlatih sekitar dua hari. Kemudian lanjutkanlah dengan mencatat tiga gerakan seperti yang dijelaskan di atas, sebagai 'angkat, dorong, dan taruh'.

Apakah cukup dengan mencatat satu atau dua gerakan saja pada awalnya?

Pada awalnya, cukup mencatat satu atau dua gerakan saja, yaitu 'kanan, kiri' ketika berjalan cepat, dan 'angkat, taruh' ketika berjalan lambat.

Apa yang sering dikatakan oleh mereka yang tidak berlatih meditasi pandangan terang?

Mereka yang tidak berlatih meditasi pandangan terang sering mengatakan, "Jika Anda mencatat "membungkuk, meregang," hanya konsep-konsep seperti lengan yang akan nampak bagi Anda. Jika Anda mencatat 'kiri, kanan', hanya konsep-konsep seperti kaki yang akan nampak bagi Anda. Jika Anda mencatat "kembung, kempis", hanya konsep seperti perut yang akan nampak bagi Anda." Hal ini mungkin benar bagi sebagian pemula.

Apakah konsep dan realitas nampak bagi pemula?

Tetapi tidak benar jika kita berpikir bahwa konsep-konsep itu akan terus muncul. Baik konsep maupun realitas nampak bagi pemula. Ada orang-orang yang menginstruksikan para pemula untuk bermeditasi pada realitas saja. Ini tidaklah mungkin.