5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Hidup Sederhana

Dipa Ma

Dipa Ma: "Hiduplah dengan sederhana. Hidup yang sederhana adalah hal yang baik untuk dilakukan. Terlalu banyak kemewahan merupakan rintangan dalam berlatih."

Meskipun Dipa Ma dan keluarganya tinggal di sebuah apartemen dengan dua kamar yang sangat kecil, sebagian besar tamu yang datang berkunjung merasa kedua kamar tersebut sangat luas dan dipenuhi cahaya. Salah seorang muridnya mengamati bahwa sementara kita di Barat berpikir bahwa kita membutuhkan ruang fisik yang luas, apa yang dimiliki Dipa Ma adalah ruang batiniah yang sangat luas.

Dalam segala hal, Dipa Ma hidup dalam kesederhanaan yang luar biasa. Beliau menjauhi pergaulan sosial. Beliau tidak melibatkan diri dalam pembicaraan yang tidak perlu. Beliau tidak melibatkan diri dalam masalah orang lain, terutama yang menyangkut keluhan. Pedomannya bagi dirinya sendiri dan juga bagi para muridnya adalah hidup dengan jujur dan tidak pernah menyalahkan orang lain.

Seringkali Dipa Ma sekadar berdiam dalam keheningan. "Setiap kali saya memiliki waktu bagi diri saya sendiri, saya selalu mengarahkan batin saya ke dalam," katanya. Beliau tidak membuang-buang waktu untuk melakukan aktivitas yang tidak penting bagi kehidupannya.
Seperti halnya dalam meditasi, kita berlatih untuk memberikan perhatian penuh pada satu hal pada satu momen, Dipa Ma melakukan setiap hal sepenuhnya tanpa mengkhawatirkan hal berikutnya. "Pikiran tentang masa lalu dan masa depan," katanya, "merusak waktu Anda." Dalam apa pun yang beliau lakukan, beliau hadir sepenuhnya, dengan enteng, hening, dan sederhana.

--

Weekly Dipa Ma
Lesson Eight: Simplify 

Diterjemahkan dari artikel dari Grup Facebook Dipa Ma