5Wbqwau2kOV5juVOA2hBfHMJlvj5fbu4dzeTiTvH
Bookmark

Tentang Vipassana & Motivasi untuk Berlatih

Pentingnya Berlatih


Apakah Vipassanā itu?

Vipassanā adalah memperhatikan dan mengamati muncul dan lenyapnya fenomena batin-jasmani sehingga kita dapat mengenali fenomena-fenomena tersebut sebagaimana adanya. Setiap kali kita melihat, mendengar, menyentuh atau mengetahui, fenomena-fenomena ini terus-menerus muncul dan lenyap. Penting bagi kita untuk memperhatikan dan menyadarinya setiap kali mereka muncul. Namun, pada awalnya, tidaklah mungkin untuk menyadari semua yang kita lihat, dengar, sentuh atau ketahui. Oleh karena itu, kita hendaknya mulai dengan memperhatikan beberapa objek yang bisa kita ketahui.

Setiap kali kita menarik dan menghembuskan napas, gerak kembung dan kempisnya perut akan terasa. Ini adalah (perwujudan dari) unsur gerak yang disebut vāyo dhātu. Kita hendaknya memulai dengan memperhatikan hal ini.

Mahāsī Sayādaw’s Instructions For Vipassanā Meditation

Objek Utama

Untuk memulai, Anda hendaknya mengamati perut dengan penuh perhatian dengan menggunakan batin. Anda akan mengetahui gerak mengembang dan mengempisnya perut. Jika gerak mengembang dan mengempis tidak jelas, amatilah dengan meletakkan tangan Anda pada perut. Setelah beberapa saat, jika kembung dan kempis terasa jelas, maka ketika ada gerakan mengembang saat menarik napas, catatlah sebagai 'kembung'; ketika ada gerakan mengempis saat menghembuskan napas, catatlah sebagai 'kempis'. Saat terjadi gerakan mengembang, gerakan perut yang naik harus diketahui dengan jelas. Saat terjadi gerakan mengempis, gerakan turunnya perut juga harus diketahui dengan jelas.

Dalam kaitannya dengan hal ini, janganlah meragukan dengan berpikir bahwa yogi mengetahui konsep bentuk (saṇṭhāna paññatti) dari perut juga. Pada awal latihan, tidak mungkin untuk mengamati dengan mengabaikan konsep sepenuhnya. Hanya ketika pengamatan dan pencatatan terhadap objek yang dipadukan dengan konsep telah dilakukan, maka akan mudah bagi konsentrasi, perhatian penuh, dan pengetahuan pandangan terang untuk menjadi matang. Ketika pengetahuan menjadi matang, semua jenis objek konseptual akan lenyap, dan pengetahuan tersebut akan terus menjangkau hanya sifat alami dari kenyataan yang sesungguhnya.

Selain itu, yang merupakan latihan vipassanā yang lengkap dan benar hanyalah dengan mengetahui dan mencatat fenomena batin dan jasmani yang muncul dengan jelas di enam pintu indra. Tetapi, pada awal latihan, perhatian penuh dan kebijaksanaan belumlah kokoh. Oleh karena itu, sulit untuk mengikuti dan mencatat setiap fenomena yang muncul. Seseorang cenderung tidak mampu mencatat. Ia mungkin menghabiskan banyak waktu untuk mencari objek yang harus dicatat. Oleh karena itu, di sini diberikan petunjuk untuk memulai latihan dengan mengamati dan mencatat kembung dan kempisnya perut. Objek-objek ini selalu ada, dan sangat jelas serta mudah untuk dicatat dan diketahui. Kelak, Anda akan mendapati metode pencatatan sesuai dengan kemunculan objek ketika kebijaksanaan telah matang.

Oleh karena itu, catatlah gerak mengembang dan mengempis setiap kali mereka terjadi sebagai "kembung, kempis; kembung, kempis" pada saat terjadinya dan secara terus-menerus. Catatlah hanya di dalam hati. Tidak perlu mengucapkannya secara lisan. Dan jangan memaksakan napas masuk dan keluar dengan tujuan untuk memperjelas gerakan mengembang dan mengempis. Jangan mengubah napas masuk dan keluar untuk membuatnya menjadi lambat atau cepat. Jika Anda mengubahnya, Anda akan cepat lelah dan bisa jadi tidak mampu berlatih. Oleh karena itu, bernapaslah secara normal dan lakukan pencatatan secara bersamaan.

Merenungkan manfaat dari latihan

Latihan pandangan terang menuntun seseorang menuju pencerahan melalui jalan, buah, dan nibbāna, dan mengantarkan pada pembebasan dari penderitaan di alam-alam rendah dan lingkaran penderitaan. Manfaat yang diberikannya begitu besar sehingga tidak mungkin dapat direalisasikan dengan berlatih setengah hati.

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang harus bekerja dengan sangat keras bahkan untuk mendapatkan sedikit uang. Jika seseorang memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang yang cukup untuk bertahan hidup selama setahun penuh dari bekerja selama sehari saja, maka secara naluriah ia akan mengambil pekerjaan tersebut dan melakukannya dengan penuh semangat. Seseorang akan melakukan pekerjaan dengan semangat yang lebih besar lagi jika pekerjaan itu akan menghasilkan kemakmuran seumur hidup hanya dengan bekerja selama sebulan saja.

Bukankah ini merupakan investasi yang baik, jika seseorang mencurahkan waktu selama dua minggu, satu bulan, atau bahkan dua bulan untuk melatih meditasi kesadaran secara intensif, dan menanggung segala kesulitan yang dihadapi, jika imbalannya adalah mendapatkan pembebasan dari seluruh lingkaran penderitaan? Seseorang seharusnya menjalankan latihan pandangan terang dengan lebih bersemangat dibandingkan dengan melakukan pekerjaan yang menggiurkan, karena hanya dengan beberapa minggu atau beberapa bulan bekerja keras dalam latihan ini, seseorang akan memperoleh kebebasan dari ketidakpuasan dari lingkaran samsara yang tak berakhir.

Wahai orang-orang yang saleh! Berlatihlah meditasi pandangan terang dengan sungguh-sungguh! Hal ini pasti akan memberikan Anda manfaat yang luar biasa berupa jalan, buah, dan nibbāna. Bangkitkanlah semangat untuk berlatih dengan merenungkan manfaat-manfaat yang luar biasa ini.

Bagaimana anda menyemangati seorang wanita yang dulu pernah berlatih meditasi kesadaran di bawah bimbingan Anda ketika Anda masih di Mawlamyaing?

Dalam hal ini, perkenankan saya mengingat seorang wanita yang pernah berlatih perhatian penuh di bawah bimbingan saya ketika saya berada di Mawlamyaing. Saya memberinya instruksi seperti biasa, yaitu memulai latihan dengan mencatat kembung dan kempisnya perut sebagai objek utama dan setiap fenomena-fenomena lain yang muncul pada keenam pintu indra. Tak lama kemudian ia mengeluhkan banyaknya gangguan yang muncul dalam batinnya. Ia mengatakan bahwa saat di rumah, batinnya tidak memberikannya masalah, tetapi sejak ia datang dan mulai bermeditasi, ia mengalami begitu banyak kesulitan menghadapi pikiran-pikiran yang buruk. Tentu saja, ia sangat lugu jika berpikir bahwa batinnya selalu murni saat berada di rumah.

Kemudian, saya menyemangatinya dengan mengatakan "Baiklah, umat awam, ini sesungguhnya merupakan pertanda bahwa Anda sekarang mulai menyadari batin Anda. Anda tidak pernah mengamati batin di rumah. Jadi, Anda tidak menyadari pikiran Anda, yang baik atau yang buruk, dan oleh karena itu Anda berpikir bahwa pikiran Anda murni. Sekarang, Anda mengembangkan perhatian penuh, dan mulai menyadari keadaan batin Anda. Anda mungkin memikirkan sesuatu yang buruk pada suatu momen, tetapi Anda menyadarinya pada momen berikutnya.

Tanpa perhatian penuh, apakah batin menjadi murni atau tidak murni tidak dapat diketahui. Dalam hal ini, apakah contohnya?

Seperti sebuah lap dapur yang telah terkena begitu banyak noda sehingga noda yang baru tidak akan bisa terlihat. Orang awam tidak peduli apakah pikiran mereka murni atau tidak. Oleh karena itu, batin mereka sering kali ternoda oleh nafsu indra, kebencian dan kekecewaan, dan sebagainya. Tetapi, mereka mengira batin mereka murni karena sangat jarang mereka memperhatikan batin mereka.

Sekarang, dengan pengembangan perhatian penuh, mereka menjadi sadar akan ketidakmurnian batin secara jelas. Dalam hal ini, apakah contohnya?

Sekarang, dengan mengembangkan perhatian penuh, mereka menjadi sadar akan ketidakmurnian batin secara jelas bagaikan sebuah noda yang tampak dengan jelas pada sehelai saputangan yang putih bersih. Dengan cara yang sama, pikiran-pikiran yang buruk akan langsung diketahui melalui perhatian penuh."

Melalui apa sifat batin dapat diketahui?

Emas selalu terlihat indah, tetapi kualitasnya sesungguhnya hanya dapat dinilai menggunakan sebuah batu uji. Demikian pula, sifat alamiah dari batin hanya dapat diketahui melalui perhatian penuh.

Melalui apakah kita dapat menyadari sifat alamiah batin dan dapat memurnikannya dari rintangan-rintangan batin?

Batin yang mengembara atau batin yang liar berarti batin yang tidak murni. Dengan mengembangkan perhatian penuh, kita dapat menyadari sifatnya dan memurnikannya dari rintangan-rintangan batin. Seorang meditator dapat membuktikannya dari pengalaman.

Apa arti dari setiap momen perhatian penuh?

Jadi, setiap momen perhatian penuh berarti momen-momen dimana batin dimurnikan dari kekotoran-kekotoran batin.

Ketika kita mampu untuk terus menerus penuh perhatian, katakanlah, selama lima menit, sepuluh menit, atau dua puluh menit dengan mencatat objek satu demi satu secara terus-menerus seperti menghitung manik-manik tasbih satu demi satu, maka Anda akan mendapati batin Anda telah dimurnikan dari rintangan-rintangan batin seperti nafsu indra, kebencian, kemalasan, batin yang mengembara dan keraguan. Oleh sebab itu, ini adalah pemurnian batin (citta-visuddhi).

Bagaimanakah Jalan Mulia Berunsur Delapan muncul sebagai akibatnya?

Setiap kali Anda mencatat "kembung, kempis, duduk, sentuh, melihat, mendengar, membungkuk, meregang" dan seterusnya, ada usaha yang dikerahkan. Ini adalah Usaha Benar dari Jalan Mulia Berunsur Delapan. Kemudian ada perhatian penuh. Ini adalah Perhatian Benar. Kemudian ada konsentrasi yang menembus objek yang dicatat dan juga tetap terpusat padanya. Ini adalah Konsentrasi Benar. Ketiganya disebut sebagai Konsentrasi Penyusun Jalan.

Kemudian ada penerapan awal yang, bersama dengan konsentrasi, menuju pada objek yang dicatat. Ini adalah penerapan dari penyerta pada objek. Karakteristiknya adalah menempatkan hal-hal yang menyertai pada objek (abhiniropana-lakkhana), menurut Kitab Komentar. Ini adalah Pemikiran Benar. Kemudian ada pemahaman bahwa objek yang diperhatikan adalah hanya gerakan, hanya tidak mengenal, hanya melihat, hanya mengenal, hanya muncul dan lenyap, hanya tidak kekal dan seterusnya. Ini adalah Pandangan Benar. Pikiran Benar dan Pandangan Benar bersama-sama membentuk unsur kebijaksanaan dari Sang Jalan.

Seperti apakah latihan meditasi itu?

Latihan meditasi itu seperti mendaki gunung. Anda mulai mendaki dari kaki gunung. Tak lama kemudian Anda merasa lelah, lalu Anda bertanya kepada orang-orang yang turun dan mereka menjawab dengan kata-kata yang membesarkan hati seperti "Sudah dekat." Walaupun lelah, Anda terus mendaki dan tak lama kemudian tiba di sebuah tempat persinggahan di bawah naungan sebatang pohon dengan angin sejuk berhembus. Semua rasa lelah Anda hilang. Pemandangan indah di sekeliling membuat Anda terpesona. Anda merasa segar kembali untuk melanjutkan pendakian. Pengetahuan tentang muncul dan lenyap adalah tempat persinggahan untuk Anda beristirahat dalam pendakian Anda menuju pengetahuan pandangan terang yang lebih tinggi.